Senin 25 Januari 2021, 23:15 WIB

Liga Champions Asia dan Piala AFC 2021 Digelar secara Sentralisasi

Widhoroso | Sepak Bola
Liga Champions Asia dan Piala AFC 2021 Digelar secara Sentralisasi

AFC
Konfederasi Sepak Bola Asia

 

KONFEDERASI Sepak Bola Asia (AFC) memutuskan rangkaian pertandingan fase grup Liga Champions Asia (LCA) dan Piala AFC 2021 akan digelar secara sentralisasi.

Fase grup LCA akan dilangsungkan secara terpusat di zona Barat dan Timur. Sedangkan Piala AFC 2021 dihelat di lima zona yakni Barat, Selatan, Tengah, Timur, dan ASEAN. Khusus Piala AFC, fase grup memakai sistem pertandingan setengah kompetisi. Artinya, masing-masing tim hanya berjumpa satu kali. Sekjen AFC Dato Windsor John mengatakan pelaksanaan yang berbeda dibandingkan edisi sebelumnya ini demi untuk menjaga keselamatan dan kesehatan pemain, mengingat turnamen digelar di tengah pandemi Covid-19.

"AFC sangat berterima kasih atas dukungan dari komite kompetisi AFC, federasi anggota, dan klub yang berpartisipasi dalam membuat jadwal LCA dan Piala AFC terbesar dan paling inklusif dalam sejarahnya," ujar Windsor John dirilis laman resmi AFC.

"AFC menempatkan keselamatan dan kesejahteraan semua pemangku kepentingan sebagai prioritas utama. Tapi LCA 2020 telah memperlihatkan persatuan, solidaritas, dan kekuatan kami bahwa AFC tetap dapat menggulirkan kompetisi di tengah masa sulit," tambahnya.

Pertandingan fase grup Piala AFC tidak digelar secara serentak. Zona Selatan, Tengah, dan Timur akan digelar pada 14 Mei, zona Barat dihelat 23 Mei, dan zona ASEAN dimulai pada 22 hingga 28 Juni.

Leg pertama babak semi-final Zona Barat akan digelar pada 13 dan 14 September, dan leg kedua digelar dua pekan kemudian. Sedangkan untuk zona ASEAN digelar pada 10-11 Agustus dengan satu pertandingan saja.

Dua leg pertandingan final zona Selatan, Tengah, dan Timur akan dihelat pada 11 dan 25 Agustus, sementara zona Barat pada 20 Oktober dan 3 November. Khusus zona ASEAN, seperti halnya di semi-final, babak ini juga hanya digelar satu kali pada 25 Agustus.

Sementara itu, fase grup zona Barat LCA bakal dilaksanakan antara 14 dan 30 April, sedangkan zona Timur direncanakan berlangsung pada 21 April hingga 7 Mei.

Kendati demikian, AFC belum bisa memastikan negara yang menjadi tuan rumah. AFC akan memberikan undangan untuk menjadi tuan rumah beserta rinciannya selepas pengundian babak grup LCA dan Piala AFC pada 27 Januari. (Goal/R-1)

Baca Juga

AFP/Gabriel Buoys

Kritik Cara Pengunduran Diri Ozil, Toni Kross Dicap Sebagai Nazi

👤Widhoroso 🕔Sabtu 06 Maret 2021, 06:10 WIB
Toni Kross mengaku pernah dicap Nazi terkait pengunduran diri Mesut...
AFP/Filippo MONTEFORTE

Malas-malasan Saat Latihan, Mario Rui Diusir Gattuso

👤Widhoroso 🕔Sabtu 06 Maret 2021, 05:55 WIB
Bek sayap asal Portugal Mario Rui diusir pelatih Napoli Gennaro Gattuso karena malas saat...
ANTARA

Rendika Segera Kembali Bergabung Dengan Madura United

👤Widhoroso 🕔Sabtu 06 Maret 2021, 05:25 WIB
Madura United telah memulai pemusatan latihan di Batu, Jatim, sejak Kamis (25/2). Latihan terpusat dilakukan sebagai persiapan berlaga di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya