Kamis 21 April 2022, 14:00 WIB

Imsak sesuai Sunah Rasul bukan Bidah 

Mediaindonesia.com | Ramadan
Imsak sesuai Sunah Rasul bukan Bidah 

Antara/Indrayadi TH.
Ilustrasi terbit fajar.

 

IMSAK hanya isyarat akan segera berakhirnya waktu sahur. Ini menjadi informasi yang menandakan sisa waktu yang mendekati azan subuh sebagai tanda mulai berpuasa.

Namun batas akhir waktu sahur bukanlah imsak, melainkan terbitnya fajar atau azan subuh. Mengakhiri sahur sebelum mendekati waktu fajar tergolong perkara yang dianjurkan. Ini berarti imsak hukumnya sunah bukan wajib apalagi bidah seperti yang disampaikan sejumlah kalangan.

Dari Anas bin Malik radhiallahu 'anhu, dia berkata:

عن زيد بن ثايبي رضي الله عنه قال : تسحرنا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم، ثم قمنا إلى الصلاة، قلت : كم كان قدر ما بينهما، قال : خمسين آية.

Dari Zaid bin Tsabit radhiallahu 'anhu, dia berkata, "Kami pernah makan sahur bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Kemudian kami beranjak untuk melakukan salat. Aku (Anas) bertanya, 'Berapa perkiraan jarak di antara keduanya, Zaid menjawab, 'Selama bacaan 50 ayat.'" (HR Muslim Nomor 1097)

Imam Nawawi rahimahullah mengatakan:

وفيه الحث على تأخير السحور إلى قبيل الفجر.

Dalam hadits ini terdapat anjuran agar mengakhirkan sahur sebelum datang fajar. (Syarah Shahih Muslim Jilid 4 Halaman 180)

Imam Ad-Dasuqi rahimahullah mengatakan:

فقد ورد أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يؤخره بحيث يكون ما بين فراغه منه وبين الفجر قدر ما يقرأ القارئ خمسين آية

Sungguh telah diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mengakhirkan sahur yang diperkirakan antara selesai sahur dengan waktu fajar yaitu pembacaan 50 ayat. (Hasyihah Ad-Dasuki Jilid 5 Halaman 78)

Syaikh Hasanain Makhluf rahimahullah mengatakan:

ﻭﻣﻦ ﻫﺬا ﻳﻌﻠﻢ ﺃﻥ اﻹﻣﺴﺎﻙ ﻻ ﻳﺠﺐ ﺇﻻ ﻗﺒﻞ اﻟﻄﻠﻮﻉ، ﻭﺃﻥ اﻟﻤﺴﺘﺤﺐ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﺑﻴﻨﻪ ﻭﺑﻴﻦ اﻟﻄﻠﻮﻉ ﻗﺪﺭ ﻗﺮاءﺓ ﺧﻤﺴﻴﻦ ﺁﻳﺔ ﻭﻳﻘﺪﺭ ﺫﻟﻚ ﺯﻣﻨﺎ ﺑﻌﺸﺮ ﺩﻗﺎﺋﻖ ﺗﻘﺮﻳﺒﺎ

Oleh sebab itu yang diketahui yaitu imsak tidaklah wajib kecuali fajar telah terbit. Hanya dianjurkan antara akhir sahur dan terbit fajar terdapat jeda perkiraan membaca 50 ayat. Hal tersebut diperkirakan waktunya kurang lebih selama 10 menit. (Fatawa Al-Islamiyah Min Dar Al-Ifta' Al-Mishriyah Jilid 1 Halaman 104)

Baca juga: Umat Islam Diprediksi Puasa Ramadan Dua Kali Setahun, Kapan?

Imam Asy-Syafii rahimahullah mengatakan:

واستحب التأني بالسحور ما لم يكن في وقت مقارب يخاف أن يكون الفجر طلع فإني أحب قطعه في ذلك الوقت

Dan aku menganjurkan agar tidak tergesa-gesa dalam bersahur selagi tidak sampai pada waktu yang mendekati (fajar) karena dikhawatirkan fajar akan tiba-tiba datang. Karena itulah aku lebih menyukai berhenti sahur pada waktu itu. (Al-'Umm Jilid 2 Halaman 105)

Imam Al-Mawaerdi rahimahullah mengatakan:

وزمان الصيام من طلوع الفجر الثاني إلى غروب الشمس، لكن عليه تقديم الأمساك يسيرا قبل طلوع الفجر

Waktu puasa memang dimulai dari terbitnya fajar hingga tenggelam matahari. Namun hendaknya sedikit mendahulukan untuk imsak sebelum terbitnya fajar (waktu subuh). (Al-Iqna' Fil Fiqh Asy-Syafi'i Halaman 74)
(OL-14)

Baca Juga

Ist

Masyarakat Puas Kinerja dari Pemerintah dan Polisi Tangani Arus Mudik

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 15 Mei 2022, 21:22 WIB
Masyarakat merasakan puas atas kinerja dari Pemerintah Indonesia dan Polri terkait hal penanganan dan penyelenggaraan arus mudik Hari Raya...
DOK Pribadi.

Program Ramadhan Brand Berbagi Salurkan 1.000 Lebih Paket

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 09 Mei 2022, 21:50 WIB
Harapannya, seluruh donasi yang diberikan dapat menjadi berkah, tidak hanya bagi penerima, tetapi juga untuk perusahaan sebagai...
Dok. Mahasiswa Diaspora di Saint Petersburg

Lebaran Penuh Kegembiraan di Saint Petersburg

👤 Naila Maziya Labiba ! Mahasiswi Program Master di Saint Petersburg State Technological Institute (Technical University) 🕔Jumat 06 Mei 2022, 14:25 WIB
Acara silaturahim yang bertemakan Pulang Kampoeng ke Rumah Nenek dibuka dengan sambutan Ketua persatuan mahasiswa Indonesia di Saint...

RENUNGAN RAMADAN

CAHAYA HATI


JADWAL IMSAKIYAH
Kamis, 19 Mei 2022 / Ramadan 1443 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : WIB
Subuh : WIB
Terbit : WIB
Dzuhur : WIB
Ashar : WIB
Maghrib : WIB
Isya : WIB

PERNIK RAMADAN