Senin 12 April 2021, 06:10 WIB

Enam Kiat Sukses Berpuasa

Siswantini Suryandari | Ramadan
Enam Kiat Sukses Berpuasa

ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Seorang panitia mengecek suhu tubuh warga saat mengikuti berbuka puasa bersama di Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (17/5/2020).

PUASA Ramadan selama satu bulan merupakan latihan mental dan fisik. Sonya Muslim, seorang ahli gizi dan pernah bekerja sama dengan Cornell Cooperative Extension, menulis di laman Cornell University, Itacha, New York menjelaskan bahwa puasa Ramadan selama satu bulan merupakan cara umat Islam dalam mempersiapkan pikiran dan tubuh.

Agar sukses dalam menjalankan puasa Ramadan, Sonya berbagi tips agar tubuh tetap sehat, bugar dan sukses menjalankan puasa setelah Subuh hingga Maghrib.

Berikut tips sehat berpuasa Ramadan :

1. Jangan sampai dehidrasi

Puasa adalah mengerjakan kewajiban tidak makan dan minum sejak Subuh hingga Maghrib. Untuk mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh sangat dianjurkan agar Anda minum beberapa kali di malam hari saat Anda tidak terlalu haus.
Tubuh harus terhidrasi, maka pilih cairan yang tidak mengandung kafein. Sebab minuman berkafein dapat menyebabkan dehidrasi. Saat berbuka puasa harus diingat kebutuhan cairan harus terpenuhi. Jadi pastikan cairan di dalam tubuh Anda terpenuhi sebelum terganggu oleh makanan.

Tapi hati-hati dan jangan berlebihan minum pada satu waktu. Mencoba minum beberapa gelas sekaligus dapat mengencerkan elektrolit tubuh And. Kondisi tersebut menyebabkan kondisi yang berpotensi fatal yang disebut keracunan air.

2. Menu Bervariasi

Santap makanan sahur dan berbuka yang bervariasi. Sebab tubuh juga membutuhkan makanan yang baik untuk mengimbangi stres akibat puasa. Sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, protein tanpa lemak, lemak sehat seperti minyak zaitun dan kacang-kacangan sangat bagus untuk menutrisi tubuh Anda yang sedang menjalani puasa.


3. Jangan berlebihan saat buka puasa  

Perhatikan ukuran porsi itu penting. Tubuh membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menyadari bahw perut sudah cukup makan. Jadi jangan berlebihan makan saat buka puasa. Makan dengan penuh perhatian dan merasakan saat rasa lapar Anda benar-benar terpuaskan mengurangi stres pada tubuh Anda. Hal ini memberi Anda lebih banyak energi daripada makan dalam jumlah besar pada satu waktu.

4. Tetap beraktivitas

Meskipun puasa bisa melelahkan secara fisik, cobalah untuk tidak terlalu banyak duduk. Jika Anda biasanya berolahraga di pagi hari, lihat bagaimana perasaan tubuh Anda jika Anda beralih olahraga ke malam hari setelah berbuka puasa. Olahraga berat bukanlah ide yang baik di siang hari karena Anda dapat dengan cepat mengalami dehidrasi. Olahraga jalan santai dengan waktu pendek atau beberapa peregangan dapat membantu menjaga energi Anda sepanjang hari.

5. Jaga gula darah  

Sukses berpuasa dengan komponen makanan yang seimbang membantu gula darah Anda tetap stabil. Hal ini memberi Anda energi yang baik.
Beberapa menu yang bisa dikonsumsi saat sahur seperti sereal gandum, roti gandum, beras merah, biji-bijian utuh dan oatmeal.

Bisa dikombinasikan dengan yoghurt, susu rendah lemak dan buah-buahan seperti apel dan pisang. Bisa juga sahur dengan semangkok sup, susu rendah lemak dan roti gandum.

6. Istirahat cukup

Sukses berpuasa juga tergantung dari jadwal tidur Anda. Jadi istirahat cukup akan menghindari kebiasaan ngemil di malam hari. Sehingga puasa tidak berdampak pada kenaikan berat badan. (OL-3)

 

Baca Juga

Antara

Jelang Lebaran PT BNI Sediakan Uang Tunai Rp12,9 Triliun

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Mei 2021, 21:54 WIB
Sebaran pemakaian uang tunai dinilai akan dominan di luar wilayah Jabodetabek yaitu hingga 81 persen, sedangkan Jabodetabek hanya 19...
Antara

Intip Persiapan Lebaran Tiga Selebritas Ini

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Mei 2021, 20:25 WIB
Idul Fitri tahun ini masih sama dengan sebelumnya yang serba terbatas karena pandemi...
Antara/Fauzan.

Berbagi untuk Anak Yatim Bangun Solidaritas dan Rasa Memiliki

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Mei 2021, 20:20 WIB
Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, acara santunan kali ini dilakukan secara bertahap sejak 4 sampai dengan 6 Mei...

RENUNGAN RAMADAN

TAFSIR AL-MISHBAH

2021-05-06

JADWAL IMSAKIYAH
Kamis, 06 Mei 2021 / Ramadan 1442 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : 04:31 WIB
Subuh : 04:41 WIB
Terbit : 05:53 WIB
Dzuhur : 11:49 WIB
Ashar : 15:11 WIB
Maghrib : 17:59 WIB
Isya : 18:53 WIB

TAUSIYAH