Selasa 28 Maret 2023, 23:16 WIB

Golkar Sebut KIB Berkemungkinan Merapat ke Koalisi Lain

Rifaldi Putra Irianto | Politik dan Hukum
Golkar Sebut KIB Berkemungkinan Merapat ke Koalisi Lain

MI/Adam Dwi
Buka puasa bersama Partai NasDem mengusung tema Ramadan Menuju Kemenangan.

 

Ketua DPP Partai Golkar Jawa Barat, TB Ace Hasan Syadzily menyebut, peluang merapatnya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dengan koalisi-koalisi lain untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mungkin saja terjadi.

Ungkapan Ace itu menanggapi pernyataan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto yang menyinggung koalisi besar, usai menghadiri kegiatan buka puasa bersama dan silaturahmi dengan Ketua Umum NasDem Surya Paloh beberapa waktu lalu.

"Koalisi besar kan sebetulnya sudah pernah terlaksana dan saat ini kan koalisi besar, tapi untuk 2024 tentu dorongan untuk koalisi besar itu masih mungkin bisa dilakukan. Dalam rangka apa?, dalam rangka kekuatan politik dalam menghadapi Pilpres 2024," kata Ace ditemui di Kantor DPP Partai Golkar, Selasa (28/3).

Baca juga: Airlangga Ngebet Nyapres, Golkar Sulit Gabung Koalisi Perubahan

"(Koalisi Besar) Ini bisa mengkonsolidasikan dukungan terhadap bagaimana pemerintahan 2024-2029 bisa stabil, maka koalisi besar itu masih mungkin bisa dilakukan jika dinamika politiknya masih sangat terbuka, makanya Pak Airlangga melontarkan tentang Koalisi Indonesia Bersatu bisa saja berkoalisi dengan koalisi-koalisi yang lain," imbuhnya.

Disinggung terkait informasi adanya arahan Jusuf Kalla kepada Airlangga untuk mempertimbangkan memperbesar koalisi dengan merapat ke Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Ace menegaskan Airlangga tentunya memiliki pandangan tersendiri terkait hal tersebut.

Baca juga: Jusuf Kalla Disebut Sarankan Golkar Merapat ke Partai Pendukung Anies Baswedan

"Pak Airlangga sebagai ketua umum tentu memiliki satu pandangan tersendiri dalam menentukan arah bagaimana koalisi, atau pilihan dalam konteks koalisi ke depan yang akan beliau ambil," jelasnya.

Terkait makna pertemuan antara Airlangga dengan Surya Paloh di acara buka puasa bersama Partai NasDem, Ace menyebut tidak ada hal spesial, menurutnya itu hanya sebuah silaturahmi

"Kalau Pa Airlangga hadir di acara NasDem itu kan tentu bagian dari silaturahmi politik yang biasa. Kalau diundang, ya diundang, beliau pasti datang," tukasnya. (Rif)

Baca Juga

Antara

Demokrat Dukung Prabowo, Kans AHY Jadi Cawapres tetap Kecil

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 25 September 2023, 07:43 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono masih tidak memiliki daya tawar kuat untuk...
Dok Sekretariat Presiden / Agus Suparto

Prabowo Diyakini Mampu Bawa Indonesia Hadapi Tantangan Global

👤Dero Iqbal Mahendra 🕔Senin 25 September 2023, 00:12 WIB
Prabowo Subianto dinilai banyak kalangan sebagai bakal calon presiden (capres) yang mampu membawa Indonesia menghadapi tantangan...
Ist

Hasil Survei Erick Thohir Populer di Kalangan Gen Z

👤Dero Iqbal Mahendra 🕔Senin 25 September 2023, 00:03 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir dikenal sebagai sosok yang rendah hati. Hal tersebut membuatnya Erick Thohir disukai oleh masyarakat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

MI TV

  • Presiden PKS Buka-Bukaan Soal Pasangan Amin

    Berikut petikan wawancara khusus wartawan Media Indonesia Ahmad Punto, Henri Salomo, Akhmad Mustain, dan Rifaldi Putra Irianto di kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis (21/9/2023).

Selengkapnya

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya