Rabu 18 Januari 2023, 17:27 WIB

KPU: Peserta Pemilu Sudah Bisa Lakukan Sosialisasi

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
KPU: Peserta Pemilu Sudah Bisa Lakukan Sosialisasi

Antara
Petugas mengangkut logistik untuk kebutuhan pemilu.

 

KETUA Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari menegaskan bahwa partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 sudah diperbolehkan untuk melakukan sosialisasi sebelum masa kampanye.

"Peserta pemilu jenisnya macam-macam, ada perseorangan calon DPD, kemudian ada pasangan calon presiden untuk pemilu nasional. Nanti pilkada ada pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Lalu, pasangan calon bupati dan walikota, itu peserta pemilu," jelasnya kepad awak media, Rabu (18/1).

Baca juga: Masa Kampanye Pemilu 2024 Dinilai Terlalu Singkat

"Jadi, kalau untuk konteks yang ini, kan peserta pemilu partai politik, sudah bisa sosialisasi, partai politik sebagai peserta pemilu. Tetapi ada ranahnya lagi yang namanya kampanye, kan beda lagi," tambahnya.

Lebih lanjut, dia menerangkan bahwa hal yang membedakan soal sosialisasi kegiatan parpol masih akan dirumuskan ulang dengan Bawaslu. "Supaya cara pandangnya sama. Karena regulatornya KPU, nanti kami akan membuat regulasinya," kata Hasyim.

Baca juga: KPU Pastikan Beri Perlakuan Sama pada Parpol Lama-Baru

Pihaknya menegaskan untuk Peraturan KPU (PKPU) terkait sosialisasi sebelum masa kampanye, akan rampung pada akhir Januari 2023. "Nanti ruang geraknya lebih luas, dibandingkan kondisi sekarang. Harapannya, kita punya satu kebijakan yang berlaku setara bagi semua parpol peserta pemilu," tutur Komisioner KPU RI August Mellaz. 

Menurut August, saat ini KPU berpegang teguh pada PKPU yang ada. Memang, diakuinya untuk aturan khusus terkait sosialisasi parpol peserta pemilu belum ada. Adapun regulasi yang ada ialah PKPU Nomor 33 Tahun 2018 terkait kampanye.(OL-11)
 

Baca Juga

Ist

Pengamat: Memiliki Sifat Egaliter, Erick Diterima Seluruh Lapisan Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 10:00 WIB
Dengan sifat yang egaliter yang tidak membeda-bedakan suku ras dan agama, menurut Sukri, membuat Erick sangat mudah diterima oleh seluruh...
MI/Duta

Presiden: NU Sudah Beri Warna yang Luar Biasa

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 07 Februari 2023, 09:56 WIB
NU telah menunjukkan bahwa ke-Islam-an dan ke-Indonesia-an bisa berjalan beriringan, bisa menjadi satu kesatuan, rukun dalam...
Ist/DPR

Komisi I DPR Apresiasi Kesiapan Provinsi Jatim dalam Program Satu Data Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 09:28 WIB
Komisi I DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur untuk mengetahui bagaimana pengelolaan dan perlindungan data yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya