Selasa 10 Januari 2023, 14:59 WIB

Jaksa Lakukan Banding Usai Tuntut Pemerkosa Anak di Lahat 7 Bulan

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Jaksa Lakukan Banding Usai Tuntut Pemerkosa Anak di Lahat 7 Bulan

123rf
Ilustrasi

 

JAKSA penuntut umum (JPU) pada Kejaksaan Negeri (Kejari) Lahat, Sumatra Selatan, akhirnya mengajukan banding atas hukuman 10 bulan penjara dari Pengadilan Negeri Lahat terhadap OH, 17, dan AL, 17, dua pemerkosa pelajar berinisial AAP, 17. Sebelumnya, JPU hanya menuntut dua terdakwa 7 bulan penjara.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Ketut Sumedana mengatakan upaya hukum banding telah diajukan pada Senin (9/1). Menurut Ketut, langkah ini diambil setelah Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatra Selatan melakukan eksaminasi.

Hasilnya, JPU dan pejabat struktural di Kejari Lahat tidak melakukan penelitian terhadap kelengkapan syarat formil dan kelengkapan syarat materiil. Selain itu, ditemukan pula dugaan penyimpangan dan penyalahgunaan wewenang.

"Maka demi keadilan, kemanfaatan, dan kepastian hukum berdasarkan hati nurani, diperintahkan kepada JPU untuk mengambil langkah strategis, yaitu upaya hukum banding dengan harapan hukuman dapat diperberat," kata Ketut melalui keterangan tertulis, Selasa (10/1).

Baca juga: Pelaku Pemerkosaan di Lahat Berstatus Pelajar Jadi Alasan Tuntutan Ringan

Menurut Ketut, korban dan pelaku sama-sama anak di bawah umur sehingga undang-undang (UU) yang diterapkan dalam perkara tersebut adalah UU tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA). Kedua pelaku dikenakan Pasal 81 Ayat (1) UU tentang Perlindungan Anak yang ancaman minimalnya 3 tahun penjara serta maksimal 15 tahun.

"Hasil eksaminasi menunjukkan surat tuntutan JPU kurang mencerminkan dan memenuhi rasa keadilan di masyarakat sehingga menimbulkan reaksi yang masif di berbagai platform media dan di masyarakat, termasuk keluarga," ujar Ketut.

Atas kejadian tersebut, JPU dan pejabat struktural yang menangani perkara itu langsung dinonaktifkan sementara dan ditarik ke Kejati Sumatra Selatan berdasarkan Surat Perintah Kepala Kejati Sumatra Selatan untuk mempermudah pemeriksaan.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Panglima Yudo: TNI-Polri Harus Berantas Praktik Ekspor dan Tambang Ilegal

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Rabu 08 Februari 2023, 21:24 WIB
PANGLIMA TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan TNI-Polri harus bersinergi memberantas praktik ekspor dan tambang...
ANTARA

MK Belum Bisa Pastikan Kapan Gugatan soal Sistem Pemilu Diputus

👤Indriyani Astuti 🕔Rabu 08 Februari 2023, 20:54 WIB
Pihak MK belum dapat memastikan ada atau tidaknya sidang lanjutan. Pasalnya hal itu akan diputuskan oleh Mahkamah dalam sidang...
DOK pribadi.

Tahun Politik, Sejumlah Anggota DPR dan DPD Raih Penghargaan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 20:35 WIB
Calon legislator atau senator harus dapat menjalankan personal branding untuk menunjukkan kepada konstituennya tentang karakter dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya