Senin 09 Januari 2023, 12:41 WIB

Malaysia Siap Terlibat Pembangunan IKN

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
Malaysia Siap Terlibat Pembangunan IKN

YouTube Setpres
Pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Anwar Ibrahim yang digelar di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

 

Indonesia dan Malaysia menyepakati penguatan sejumlah kerja sama di berbagai bidang. Kesepakatan tersebut dicapai dalam pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Anwar Ibrahim yang digelar di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (9/1).

Dalam keterangan pers bersama, Jokowi mengungkapkan salah satu kolaborasi yang siap dilakukan adalah dalam hal pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Beberapa perusahaan asal Negeri Jiran telah menyerahkan surat ketertarikan (letter of intent/LoI) untuk ikut serta dalam pengembangan IKN. "Saya menyambut baik minat para investor Malaysia dalam pembangunan IKN. Sebelas letter of intent telah ditandatangani oleh sektor swasta Malaysia dan diserahkan kepada Badan Otorita IKN," ujar Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin.

Adapun, perusahaan-perusahaan yang telah menyerahkan LoI bergerak di bidang elektronik, kesehatan, pengelolaan limbah, konstruksi dan properti.

Selain itu, kerja sama juga akan dilakukan di sektor ekonomi yang meliputi pengembangan industri perkapalan, energi hijau, baterai dan pembiayaan ekspor impor. "Kerja sama di semua sektor itu sudah ditandatangani," ucap mantan wali kota Surakarta itu.

Kepala Negara juga menggarisbawahi perihal perlindungan pekerja migran Indonesia di Malaysia. Ia pun mengapresiasi PM Anwar yang menurutnya berkomitmen kuat untuk memberi perlindungan bagi WNI yang bekerja di Malaysia. "Saya menyambut baik komitmen Perdana Menteri dalam memberikan perlindungan bagi pekerja migran Indonesia. Saya sangat berharap One Channel System untuk perekrutan dan penempatan pekerja migran Indonesia benar-benar bisa dijalankan bersama," tuturnya.

"Tadi saya juga mengulangi permintaan mengenai pentingnya pembangunan Community Learning Center di Semenanjung untuk memenuhi hak pendidikan anak-anak pekerja migran Indonesia." (OL-12)

Baca Juga

DOK MI

Erick Thohir: NU Telah Melintasi Berbagai Zaman dan Generasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 12:13 WIB
Ketua Panitia Peringatan Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) Erick Thohir menyebut NU sebagai organisasi Islam terbesar yang telah berdiri...
Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Hadiri Sidang Gugatan Class Action Kasus Gagal Ginjal, Keluarga Pakai Kaos 'Kukira Obat Ternyata Racun'

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Selasa 07 Februari 2023, 11:57 WIB
Keluarga korban tersebut beberapa di antaranya merupakan orangtua yang anaknya meninggal akibat sakit gagal ginjal akut. Terdapat 21 dari...
Ist

Pengamat: Memiliki Sifat Egaliter, Erick Diterima Seluruh Lapisan Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 10:00 WIB
Dengan sifat yang egaliter yang tidak membeda-bedakan suku ras dan agama, menurut Sukri, membuat Erick sangat mudah diterima oleh seluruh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya