Kamis 05 Januari 2023, 17:12 WIB

KPU Siapkan Rumus Khusus Pemilu untuk Penanganan Dapil

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
KPU Siapkan Rumus Khusus Pemilu untuk Penanganan Dapil

Antara
Potret pekerja menyalurkan logistik pemilu di wilayah Jember, Jawa Timur.

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI telah menyiapkan rumus matematika pemilihan umum (pemilu) khusus untuk penanganan daerah pemilihan (dapil).

Hal itu diungkapkan Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari, yang menyebut penanganan dapil akan lebih simpel, karena terdapat rumus matematika pemilu di dalam Sistem Informasi Daerah Pemilihan (Sidapil).

Menurutnya, petugas KPU di daerah juga dapat menggunakan Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) dalam rangka membuat simulasi usulan dapil DPRD tingkat provinsi.

Baca juga: PDIP Sindir NasDem Berubah, Johnny G Plate Menjawab

"DAK 2 semester 1 2022 dalam rangka agar setara antara jumlah penduduk untuk menyusun dan menata dapil DPRD di kabupaten/kota, yang dapat digunakan teman-teman KPU di kabupaten/kota," ujar Hasyim, Kamis (5/1).

"Itu juga digunakan oleh teman-teman KPU di provinsi dalam rangka membuat simulasi usulan daerah pemilihan DPRD provinsi," imbuhnya.

Demikian juga DAK 2 semester 1 2022, kemudian digunakan oleh KPU pusat untuk menyusun dan menata daerah pemilihan DPR RI, agar basis datanya sama.

Baca juga: Wapres Ingatkan Dana Baznas tidak Boleh Dipolitisasi

"Kalau mau update, ya menggunakan data DAK 2 semester 2 2022, yang mungkin diterbitkan oleh pemerintah pada awal tahun ini. Tetapi, mungkin itu seperti setara ya, untuk semua tingkatan. Makanya kita gunakan DAK 2 semester 1 2022," jelas Hasyim.

Pihaknya tidak menutup diri terhadap catatan dan masukan dari tokoh masyarakat di KPU wilayah. "Bahan yang diuji publik di provinsi akan kami jadikan bahan lampiran draft peraturan KPU. Nanti, kami juga melakukan uji publik KPU di tingkat pusat," tutupnya.(OL-11)


 

Baca Juga

DOK MI

PKS Tegaskan Sikap Dukung Anies Baswedan Jadi Capres

👤Widhoroso 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:50 WIB
WAKIL Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman menegaskan sikap partainya mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta...
Muhammad Iqbal

Hendra Kurniawan Dituntut Tiga Tahun Penjara Dan Denda Rp20 Juta

👤Irfan Julyusman 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:43 WIB
JAKSA penuntut umum menuntut Hendra Kurniawan dengan pidana penjara selama tiga tahun dan denda sebesar Rp 20...
DOK MI.

Pertemuan Jokowi-Surya Paloh Singgung Pilpres 2024

👤Valerie Augustine Budianto 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:38 WIB
Pertemuan sekitar satu jam tersebut merupakan bagian dari silaturahmi dan ibarat kangen-kangenan antara kakak dan adik yang lama tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya