Jumat 30 Desember 2022, 16:47 WIB

MA: Minutasi Masih Hantui Live Streaming Kasasi dan PK

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
MA: Minutasi Masih Hantui Live Streaming Kasasi dan PK

MI/Susanto
Ilustrasi proses persidangan.

 

MAHKAMAH Agung (MA) siap untuk mengunggah salinan putusan perkara kasasi dan peninjauan kembali (PK), jika kebijakan penyiaran melalui platform live streaming mulai diberlakukan pada tahun depan.

Kendati demikian, salinan itu tidak bisa diakses dengan segera. Sebab, masih harus melalui proses minutasi, agar putusan yang diterima pihak berperkara lebih akurat.

"Tetap butuh waktu, tetapi tidak akan selama sebelum ada aturan sidang live streaming," jelas Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat MA Sobandi saat dihubungi, Jumat (30/12).

Baca juga: MA bakal Siarkan Langsung Sidang Putusan Kasasi dan PK

Menurutnya, salinan putusan kasasi dan PK belum bisa langsung diakses di hari yang sama saat pembacaan putusan secara live streaming. Saat ini, konsep minutasi sedang digodok kelompok kerja (pokja) yang dibentuk Ketua MA. Pihaknya ingin agar salinan putusan bisa diakses tidak lebih dari sebulan.

"Untuk minutasi memang butuh ketelitian. Ini berbeda dengan di MK yang jumlah perkaranya sedikit. Kalau di MA, setahun bisa 30 ribu lebih perkara," imbuh Sobandi.

Baca juga: Polri dan KPU Teken MoU Pengamanan Pemilu 2024

Sebelumnya, Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) menantikan putusan kasasi maupun PK oleh MA yang bersifat landmark atau menggugah. Selama ini, hakim agung terkesan sekadar main ketuk, tanpa memberi pertimbangan yang bermutu dalam setiap putusan.

"Kita sudah lama tidak menemukan putusan-putusan MA yang bersifat landmark dan tidak menemukan lagi hakim agung yang membuat putusan membanggakan. Semuanya seperti mesin cetak saja," tutur Ketua Peradi Otto Hasibuan saat dihubungi.

Pihaknya pun mendukung rencana MA yang akan menyiarkan pembacaan putusan kasasi dan PK melalui platform live streaming. Menurut Otto, pembacaan putusan kasasi dan PK di MA sejauh ini terkesan tidak transparan.(OL-11)

 

 

Baca Juga

Dok.Polri

Polri Sebut Anton Gobay Merupakan Seorang Pengangguran

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Kamis 09 Februari 2023, 19:29 WIB
Kadiv Hubinter Polri Irjen Krisna Murti hal tersebut terungkap saat pihaknya menjalin komunikasi dengan Kepolisian dan Intelejen...
Antara

Kolaborasi Lintas Sektor Diperlukan untuk Perkuat Pemulihan Pariwisata

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 09 Februari 2023, 18:40 WIB
Sektor pariwisata menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional telah terlihat berangsur pulih, seiring dengan pelonggaran...
dok.mi

Pengamat: Dari Rekam Jejaknya, Erick Thohir Layak Wakil Presiden

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 17:39 WIB
MENTERI BUMN Erick Thohir konsisten mendapat sambutan hangat untuk maju menjadi calon wakil presiden (cawapres)...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya