Kamis 03 November 2022, 17:32 WIB

Hukum Jangan Dijadikan Alat Teror dan Intimidasi Politik

Mediaindonesia | Politik dan Hukum
Hukum Jangan Dijadikan Alat Teror dan Intimidasi Politik

MI/Susanto
Ketua DPP NasDem Willy Aditya

 

PARTAI NasDem menegaskan hukum tak boleh dimanfaatkan untuk kepentingan politik. Apalagi, jelang penyelenggaraan pesta demokrasi.

"Hukum tidak boleh menjadi alat teror dan intimidasi," kata Ketua DPP NasDem Willy Aditya saat dihubungi, hari ini.

Wakil Ketua Fraksi NasDem itu menilai secara fatsun pemanfaatan hukum untuk politik adalah praktik yang kotor dan amoral. Hukum dijadikan alat oleh mereka yg punya kuasa atau akses ke ranah hukum.

Menurut dia, praktik tersebut membuat hukum menjadi tidak imparsial dan tercederai. Hal itu tentu membuat supremasi hukum jadi cacat. "Maka adagium hukum hanya tajam ke bawah dan tumpul ke atas akan terus-menerus terjadi," ungkap dia.

Dia menegaskan hukum memang harus ditegakkan. Namun, akan menjadi masalah jika dimanfaatkan untuk kepentingan politik. "Itu tidak beretika dan mengotori politik itu sendiri," sebut dia.

Baca juga: Aparat Harus Tegakkan Keadilan dalam Kasus Kekerasan terhadap PRT

Wakil Ketua Badan Legislasi itu menegaskan praktik tersebut berdampak buruk terhadap citra politik di Indonesia. Tak heran jika masyarakat selalu menganggap politik kotor.

"Maka seruan untuk menolak politik identitas, politik kebencian pun menjadi sia-sia adanya. Mengapa? Karena yang di bawah akan melihat bahwa mereka yang di atas pun pada dasarnya mempraktikkan politik yang tidak bersih," ujar dia

NasDem pun mengajak seluruh pihak membangun politik yang fair dan beretika. Praktik politik kotor harus dibuang jauh-jauh. "Mari kita suguhkan kepada rakyat sebagai pemilik sah kekuasaan negara ini praktik politik yang mendewasakan," kata dia.(OL-4)

Baca Juga

MI

KPU Sebut Pencalonan DPD Eks Napi tak Perlu Jeda 5 Tahun

👤Yakub Pryatama W 🕔Rabu 07 Desember 2022, 12:50 WIB
"Putusan MK tersebut menjelaskan tentang Pasal 240 ayat (1) sedangkan pencalonan DPD ada di Pasal 258. Jadi, dia...
Antara

Bom Bunuh Diri di Polsek Astanaanyar Bandung Tewaskan 1 Orang

👤Siti Yona Hukmana 🕔Rabu 07 Desember 2022, 10:16 WIB
Berdasarkan informasi, pelaku bom bunuh diri memaksa masuk ke lapangan Polsek Asatanaanyar saat apel pagi. Insiden terjadi pada Rabu (7/12)...
MI/HO

Panglima TNI Dianugerahi Perwira Kehormatan oleh Australia

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 07 Desember 2022, 10:10 WIB
Penny Williams mengatakan penghargaan ini merupakan apresiasi atas pencapaian karier Andika, terutama komitmennya dalam meningkatkan kerja...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya