Selasa 13 September 2022, 14:57 WIB

ATR/BPN: Optimalisasi Program PTSL Bisa Tekan Mafia Tanah

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
ATR/BPN: Optimalisasi Program PTSL Bisa Tekan Mafia Tanah

Antara
Barang bukti berupa sertifikat tanah saat pengungkapan kasus pemalsuan.

 

KEMENTERIAN Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) berupaya memerangi mafia tanah dengan cara mendaftarkan seluruh bidang di Indonesia melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Dari target 126 juta bidang tanah di Indonesia untuk didaftarkan, saat ini sudah terdaftar 81,5 juta bidang tanah. Pendaftaran tanah tersebut bertujuan agar masyarakat bisa mendapatkan kepastian hukum terhadap tanah.

"Ini sudah terdaftar 81 juta tanah. Merupakan pencapaian yang cukup besar. Diharapkan di 2025 seluruh Indonesia sudah terdaftar bidang tanahnya,” ujar Direktur Pencegahan dan Penanganan Konflik Pertanahan Kementerian ATR/BPN Widodo dalam keterangannya, Selasa (13/9).

Baca juga: Presiden: Kalau Masih Ada Mafia Tanah, Gebuk!

Menurutnya, apabila target terdaftarnya seluruh bidang tanah di Indonesia tercapai, bisa mempersempit ruang mafia tanah untuk melakukan berbagai macam modus. Masyarakat juga diminta menjaga sertifikat tanah dan jangan sembarangan memberikan kepada orang tidak berkepentingan.

"Lalu, tanah yang ada supaya dipasang patok-patok tanda batas, kemudian dengan memanfaatkan tanah sesuai kebutuhan agar tidak telantar," imbuhnya.

Baca juga: Data Negara Diretas, Pengamat: Segera Sahkan UU PDP

Selain itu, dengan tanah yang sudah terdaftar, masyarakat juga akan merasa aman karena memiliki kepastian hukum dengan adanya sertipikat tanah.

"Program pendaftaran ini sangat membantu masyarakat untuk segera memiliki sertifikat atas tanahnya. Ini (PTSL) juga suatu pengamanan terhadap aset mereka,” tutur Widodo.

Selain memaksimalkan program PTSL, Kementerian ATR/BPN juga melakukan kolaborasi dengan pemerintah daerah, kementerian/lembaga terkait dan aparat penegak hukum. Kolaborasi ini diharapkan mempersulit mafia tanah untuk melancarkan aksi kriminal.(OL-11)
 


Baca Juga

MI/Marcelinus Kelen

KPK Jadwalkan Pemeriksaan Lukas Enembe Hari Ini

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Senin 26 September 2022, 08:06 WIB
Ali berharap Lukas datang ke Jakarta untuk memberikan keterangan kepada penyidik. Termasuk diperiksa oleh tim medis KPK jika Lukas sedang...
MI/RAMDANI

Jika tidak Percaya Lukas Enembe Sakit, KPK Didesak Jemput Paksa

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Senin 26 September 2022, 08:01 WIB
Penjemputan paksa bisa membuktikan kebenaran alasan sakit Lukas. Lukas tidak perlu mengkhawatirkan kesehatannya karena KPK mempunyai tim...
ANTARA/Asprilla Dwi Adha

Polri akan Sediakan Pengacara untuk Kuat Ma'ruf

👤Siti Yona Hukmana 🕔Senin 26 September 2022, 07:55 WIB
Dedi mengatakan penyidik wajib menyediakan pengacara untuk Kuat Ma'ruf. Sebab, ancaman hukumannya penjara di atas lima...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya