Jumat 12 Agustus 2022, 20:25 WIB

Komnas HAM Tunda Pemeriksaan Istri Ferdy Sambo

Khoerun Nadif Rahmat | Politik dan Hukum
Komnas HAM Tunda Pemeriksaan Istri Ferdy Sambo

ANTARA/Asprilla Dwi Adha
Komisioner Komnas HAM Beka Ulung (tengah) saat memberi keterangan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Jumat (12/8) malam.

 

KOMISIONER Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Beka Ulung Hapsara, mengonfirmasi kembali bahwa pemeriksaan pihaknya terhadap istri mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi (PC), ditunda.

Beka mengatakan bahwa penundaan tersebut telah dikonfirmasi langsung dari pihak PC melalui pengacaranya. "Permintaan keterangan terhadap Bu Putri, jadi Bu Putri baru saja konfirmasi meminta untuk ditunda (pemeriksaan)," papar Beka saat jumpa pers di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, Jumat (12/8) malam.

"Jadi malam ini tidak ada permintaan keterangan Bu Putri dan akan dicari waktu secepatnya karena memang kondisinya naik turun," imbuhnya.

Saat disinggung mengenai apakah penundaan ini akan berpengaruh pada pemeriksaan yang dilakukan pihaknya, Beka menjawab permintaan tersebut merupakan prinsip hak asasi manusia.


Baca juga: Kepada Komnas HAM, Ferdy Sambo Akui sebagai Aktor Utama


"Kita yang terpenting bagaimana mendapat keterangan yang dari bersangkutan tanpa ada tekanan, nyaman, dan yang lain sebagainya. Itu adalah prinsip hak asasi manusia," imbuhnya.

Jika ada kemungkinan PC tidak kunjung bersedia diperiksa, Beka menjawab bahwa pihaknya tidak ingin membuat yang bersangkutan kembali trauma. "Kami tidak ingin menyebabkan Bu Putri trauma lagi," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik juga mengungkapkan bahwa pemeriksaan terhadap PC yang menjadi saksi kunci kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J) masih menunggu kesiapan.

"Ibu PC masih menunggu kesiapannya," kata Taufan.

Saat ini, lanjut dia, kondisi PC disebutkan masih belum membaik semenjak terjadi insiden tewasnya Brigadir J. (OL-16)

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

MI/M Irfan

Jenderal Andika dan Jenderal Dudung Saling Melengkapi

👤Media Indonesia 🕔Jumat 30 September 2022, 22:10 WIB
KEHADIRAN Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman saat rapat kerja dengan Komisi I DPR RI (26/9) membuktikan tak ada...
MI/BAYU ANGGORO

Utamakan Politik Gagasan, KIB tidak Ingin Terjebak Figur Populer

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 30 September 2022, 21:30 WIB
Ada satu kesadaran yang sama bahwa setelah 2019 ada suasana keterbelahan yang tajam di...
MI/BAYU ANGGORO

PAN dan PPP Jawa Barat akan Terima Jika KIB Usung Airlangga sebagai Capres

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 30 September 2022, 21:05 WIB
Alasan PAN mengusung tiga nama ketua umum tersebut adalah ingin menunjukan adanya nuansa baru dalam kontestasi politik di Pilpres...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya