Kamis 28 Juli 2022, 19:25 WIB

Anggota MPR: Politik Kebangsaan Bangkitkan Energi Positif

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Anggota MPR: Politik Kebangsaan Bangkitkan Energi Positif

Ist
Anggota MPR RI Subardi saat menggelar Sosialisasi 4 Pilar Bangsa di Sleman, DIY, Kamis (28/7).

 

POLITIK kebangsaan merupakan sikap moderatisme di tengah perbedaan pandangan maupun gerakan politik. Sikap jalan tengah ini akan terus didorong oleh anggota MPR RI Subardi menyongsong Pemilihan Umum 2024.

"Menjelang 2024 akan muncul perbedaan dan gesekan. Maka kita perlu politik kebangsaan agar perbedaan itu menjadi energi positif. Kita ingin kontestasi politik berjalan sehat," kata Subardi saat menggelar Sosialisasi 4 Pilar Bangsa di kawasan Seturan, Sleman, DIY, Kamis (28/7).

Subardi menyampaikan, sikap politik kebangsaan disuarakan oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh saat pengukuhan gelar doktor honoris causa di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur. Dalam pandangan Surya Paloh, moderatisme politik mengandung prinsip etika dan moral agar perjuangan politik berada di rel kebangsaan.


Baca juga: KIB Siap Melanjutkan Program Pemerintahan Jokowi


Politik kebangsaaan berorientasi pada penegakan konsensus bangsa. Konsep ini akan merancang kepentingan politik menjadi kepentingan bangsa yang utuh. Para pelaku politik akan melahirkan karya untuk membangun bangsa.

"Ini menjadi prinsip agar perjuangan politik kita tidak melebar dari rel konsensus bangsa. Intisari 4 pilar ada di dalam political nation itu," urainya.

Sosialisasi 4 Pilar (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika) ini dihadiri kelompok koperasi dan perwakilan organisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Subardi beralasan, kelompok penggerak ekonomi kerakyatan inilah yang harus diperhatikan dari kerja-kerja politik.

"Kerja politik itu haruslah menyejahterakan, haruslah memberdayakan. Sebab, politik tanpa arah kebangsaan akan melahirkan pergerakan yang semu tak berguna," terangnya. (RO/OL-16)

 

Baca Juga

ANTARA/M Risyal Hidayat

Kuasa Hukum Klaim Bharada E tidak Bisa Dijerat Pasal Pembunuhan Berencana karena Dipaksa

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 11:35 WIB
"Klien saya tidak bisa dibilang dengan sengaja, karena apa? Dia (Bharada E) waktu kejadian itu di bawah tekanan dan dia tidak ada...
Metrotv

Bharada E tidak Tahu Isi Laporan Istri Ferdy Sambo yang Membuat Brigadir J Dibunuh

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 11:28 WIB
Ronny menegaskan kliennya cuma mengikuti perintah Sambo. Tindakan kliennya tidak lebih dari menjalankan tugas dalam...
ANTARA/M Risyal Hidayat

Kuasa Hukum Baru Klaim Bharada E tidak Nyaman dengan Deolipa

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 11:22 WIB
Ronny mengatakan kliennya sudah tidak nyaman dengan Deolipa sejak hari pertama. Menurutnya, Bharada E hanya ingin ditemani oleh kuasa hukum...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya