Kamis 16 Juni 2022, 10:21 WIB

Bawaslu Yakin Pengawasan dan Seleksi Anggota Bisa Berjalan Beriringan

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
Bawaslu Yakin Pengawasan dan Seleksi Anggota Bisa Berjalan Beriringan

MI/Moh Irfan
Ketua Bada Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja

 

BADAN Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI akan membuka pendaftaran calon anggota Bawaslu Provinsi pada 22 Juni hingga 30 Juni mendatang. Jadwal ini sejalan dengan proses pengawasan usai tahapan Pemilu 2024 resmi dimulai.

"Kami sih berharap itu tidak terjadi (bentrok), harapannya proses pengawasan tetap jalani, itu yang pokok. Sambil kita lanjutkan berupaya memfungsikan teman-teman sekretariat untuk memfasilitasi kerja-kerja pengawasan ketua dan anggota," harap Ketua Bawaslu Rahmat Bagja, Kamis (16/6).

"Supaya nantinya kalau ada Ketua dan anggota Bawaslu Provinsi yang daftar sebagai calon anggota Bawaslu Provinsi bisa secara efektif bersama-sama berjalan dengan baik," terangnya.

Bagja menggarisbawahi bahwa tugas pokok Bawaslu adalah terkait pengawasan pemilu. "Saya pikir tahapan seleksi ini kan tidak berjalan terus menerus, bisa dimanfaatkan oleh teman ketua dan anggota Bawaslu Provinsi untuk ikuti proses pendaftaran sambil tetap tugas pokoknya untuk mengawasi tetap dilaksanakan," ujarnya.

Sebelumnya, Bawaslu menyatakan pihaknya langsung tancap gas untuk melakukan pengawasan usai tahapan pemilu resmi dimulai. Pihaknya saat ini tengah membahas pengawasan tahapan yang rencananya akan selesai dalam dua minggu ke depan. "Sehingga kemudian kita ajukan ke Komisi II untuk kemudian ditetapkan, dikonsultasikan," ungkap Bagja, Rabu (15/6).

Kemudian, kata Bagja, pihaknya sudah melakukan perubahan terhadap Peraturan Bawaslu (Perbawaslu). Aturan ini nantinya yang akan menunjang terhadap proses Bawaslu dalam melakukan proses pengawasan. (OL-13)

Baca Juga: Tahapan Pemilu Dimulai, Bawaslu Fokus Pengawasan Hingga ...

Baca Juga

ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

Pergantian Lili Pintauli Mulai Diproses DPR

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Selasa 27 September 2022, 11:47 WIB
Adapun calon pengganti Lili yaitu I Nyoman Wara dan Johanis Tanak. Pemilihan pengganti Lili akan dilakukan Komisi III DPR sebagai mitra...
MI/Marcel Kelen

SBY Diminta Turun Tangan Bujuk Lukas Enembe Hadiri Pemeriksaan KPK

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Selasa 27 September 2022, 11:36 WIB
Bantuan dari Partai Demokrat diyakini bisa membuat Lukas luluh mau diperiksa Lembaga Antikorupsi di...
ANTARA/Wahdi Septiawan

KPK Panggil Zumi Zola di Kasus RAPBD Jambi

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Selasa 27 September 2022, 11:25 WIB
KPK menetapkan tersangka baru dalam kasus dugaan suap pembahasan RAPBD Provinsi Jambi. Total tersangkanya mencapai 28...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya