Minggu 15 Mei 2022, 22:00 WIB

Kepuasan Publik pada Kinerja Jokowi Turun Jadi 58,1%

Theofilus Ifan Sucipto | Politik dan Hukum
Kepuasan Publik pada Kinerja Jokowi Turun Jadi 58,1%

AFP
Presiden Joko Widodo

 

HASIL survei Indikator Politik Indonesia menyatakan kepuasan publik pada kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) merosot. Hal itu dibandingkan dengan survei serupa pada Desember 2021 sebesar 72 persen.

“58,1 persen responden merasa cukup atau sangat puas dengan kerja Presiden Jokowi,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei secara daring, Minggu (15/5)

Burhanuddin memerinci delapan persen responden mengaku sangat puas pada kinerja Jokowi. Kemudian 50,1 persen responden menjawab cukup puas.

Sementara itu, 29,1 persen responden mengatakan kurang puas dengan kinerja Kepala Negara. Kemudian yang merespons tidak puas sama sekali sebesar 6,1 persen dan sisanya tidak tahu atau tidak menjawab.

Burhanuddin menyebut pandemi covid-19 menjadi alasan responden tidak puas terhadap Jokowi pada survei sebelumnya. Namun faktor ketidakpuasan responden beralih setelah kondisi covid-19 mulai terkendali.

“Yang jadi sumber ketidakpuasan adalah harga (barang) pokok meningkat,” papar dia.

Burhanuddin menuturkan faktor berikutnya, yakni bantuan dari pemerintah yang tidak merata. Contohnya distribusi bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng.

“Penyebab lainnya soal lapangan kerja, pengangguran, hingga pemerintah dinilai gagal menangani mafia minyak goreng,” tutur dia.

Survei dilakukan terhadap 1.228 responden yang dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. Target populasi survei adalah warga negara Indonesia yang berusia di atas 17 tahun atau sudah menikah dan memiliki telepon.

Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih, Survei ini memiliki margin of error kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (OL-8)

Baca Juga

MI/Rommy Pujianto

Polda Metro Jaya Akan Umumkan Status Roy Suryo

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Selasa 28 Juni 2022, 15:25 WIB
Roy Suryo akan diumumkan statusnya oleh Polda Metro Jaya, terkait unggahan meme Patung Sang Buddha di Candi Borobudur yang diedit...
Dok MI

Polda Metro Jaya Tetapkan Disjoki Joice Sebagai Tersangka Penyalah Gunaan Narkoba

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Selasa 28 Juni 2022, 15:18 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan merilis status tersangka disjoki Joice dengan tiga tersangka lain yakni Irfan Sahrian 26...
MI/Ardi T Hardi

Ketua Umum KSPSI Jumhur Ingatkan MK Tetapkan UU Cipta Kerja Inkonstitusional

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 14:30 WIB
UU Cipta Kerja yang sudah dinyatakan melanggar konstitusi oleh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya