Jumat 08 April 2022, 10:48 WIB

Tekad Gerindra Usung Prabowo pada Pilpres 2024 tak Goyah

Indriyani Astuti | Politik dan Hukum
Tekad Gerindra Usung Prabowo pada Pilpres 2024 tak Goyah

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Prabowo Subianto

 

JURU bicara Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan partainya tetap bertekad mengusung Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto untuk maju dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024. Hal itu ia utarakan merespons hasil survei Saiful Mujani Research Center (SMRC) yang dirilis Kamis (7/4).

Prabowo disebut menempati urutan pertama calon presiden dengan elektabilitas 42,2% jika dibandingkan dengan ketua umum partai politik lain.

"Tentu kami bertekad memajukan pak Prabowo untuk pilpres 2024 yang sangat wajar sekali survei pak Prabowo tinggi," ujar Habiburokhman ketika dihubungi, Jumat (8/4).

Ia menyebut, hasil elektabilitas yang didapatkan Prabowo karena kinerjanya sebagai Menteri Pertahanan saat ini. Menurutnya selama menjabat, Prabowo tidak pernah membuat trik atau gimmick politik.

"Karena beliau fokus di bidang kerjanya, tidak bermain gimmick politik apapun dan pencitraan apapun dan akhirnya rakyat bisa fokus melihat kinerja beliau di bidang pertahanan," tuturnya.

Secara internal, imbuhnya, Partai Gerindra menerima masukan apapun hasil survei. Menjelang pemilihan umum (pemilu) 2024, Partai Gerindra akan terus melakukan pembangunan partai.

"Kami saat ini sangat yakin kalau pak Prabowo maju insyaAllah bisa menang," tukasnya.

Baca juga:  Bacapres Prabowo sangat Dikenal tetapi Kurang Disukai

Survei SMRC dilakukan pada 13-20 Maret 2022 melalui wawancara tatap muka kepada masyarakat berusia 17 tahun atau lebih atau sudah menikah. Adapun jumlah sampel yang digunakan sebanyak 1.220 responden dengan 1.027 responden yang dianalisis dengan margin of error survei ini kurang lebih 3,12%.

Dalam simulasi tertutup yang dilakukan, terdapat 10 nama pimpinan atau elite partai politik antara lain Prabowo Subianto yang mendapat 42,2% elektabilitas, lalu disusul Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan elektabilitas 12,5%, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar 6,1%, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh 4,6%, pimpinan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani 3,9%, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto 3,2%.

Lalu, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu 1,0%, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan 1,0%, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Aljufri 0,9%, dan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Suharso Monoarfa 0,0%. Adapun respoden yang menjawab tidak atau tidak tahu 24,5%.(OL-5)

Baca Juga

MI/PIUS ERLANGGA

Hari Terakhir Pendaftaran Peserta Pemilu 2024, Dua Parpol belum Konfirmasi

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 06:30 WIB
Pada hari terakhir tahapan pendaftaran, ada sepuluh parpol yang akan berbondong-bondong mendatangi...
Dok.MI

Formappi: Fungsi Legislasi DPR Biasa Saja

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:47 WIB
Delapan RUU lainnya, ujar Lucius, merupakan RUU Kumulatif Terbuka yang semuanya terkait undang-undang provinsi (5 RUU) dan daerah otonomi...
Dok MI

Esok Tiba di Tanah Air, Surya Darmadi Siap Ikuti Proses Hukum

👤Ant 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 20:21 WIB
Juniver mengatakan Surya sudah bersurat kepada Jaksa Agung ST Burhanuddin dan jajaran pimpinan Kejagung perih kesiapannya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya