Sabtu 02 April 2022, 23:22 WIB

BNPT Gandeng Muhammadiyah Perkuat Moderasi Beragama

Kautsar Widya Prabowo | Politik dan Hukum
BNPT Gandeng Muhammadiyah Perkuat Moderasi Beragama

MI/ M Irfan
Komjen Boy Rafli Amar

 

BADAN Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) terus berupaya mencegah penyebaran paham radikal. Salah satunya dapat dilakukan dengan penguatan prinsip moderasi beragama. 

Konsep penguatan moderasi beragama membutuhkan dukungan berbagai pihak salah satunya dengan dukungan Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah. "Kerja sama yang baik dengan PP Muhammadiyah sangat penting dalam rangka penguatan moderasi beragama," kata Kepala BNPT, Komjen Boy Rafli Amar dalam keterangan tertulis, Sabtu (2/4)

BNPT, kata Boy, sangat terbuka dengan masukan dari tokoh-tokoh Muhammadiyah dalam mencegah paham radikal. "Tokoh-tokoh agama Muhammadiyah bisa memberikan masukan kepada kami," tuturnya. 

Adapun Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan moderasi beragama adalah model yang sangat cocok dalam menangkal narasi radikal terorisme. Terlebih, Indonesia memiliki iklim yang moderat. 

"Dari segi sejarah dimana agama-agama masuk ke Indonesia juga ada bermacam-macam agama dan tidak ada perang. Pendidikan moderasi itu hasilnya long-term. BNPT tidak berjalan sendirian dalam menguatkan moderasi beragama," kata Haedar.

Selain itu, ia menyebut anak muda yang menjadi target propaganda radikal terorisme harus dilindungi. Pemikiran radikal yang ingin mengganti haluan negera dengan sistem agama adalah kekeliruan yang fatal.

"Indonesia negara Pancasila itu sejalan dengan Islam. Hasil Ijtihad dari pemuka agama dan para ulama. Maka tidak perlu lagi mencari bentuk negara lain," tandasnya. (OL-8)

 

Baca Juga

Dok pribadi

Pengadilan Negeri Manokwari Batalkan Putusan MA

👤Media Indonesia 🕔Rabu 06 Juli 2022, 22:20 WIB
KEMENANGAN perkara perdata antara Rico Sia melawan Pemerintah Provinsi Papua Barat yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap (inkrah) di...
dok.ist

Millie Lukito Ditunjuk Sebagai Ketua Bidang Ekonomi DPP Partai NasDem

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 20:59 WIB
Millie Lukito baru-baru ini ditunjuk sebagai Ketua Bidang Ekonomi Partai NasDem Periode 2022-2024....
Antara

Mendekati Tahun Politik, Waspadai Berita Hoaks Berkelanjutan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 20:50 WIB
Kemajuan teknologi memudahkan penyebarluasan informasi melalui media digital. Masyarakat harus mewaspadai informasi tidak benar atau hoaks...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya