Rabu 26 Januari 2022, 09:17 WIB

PAN Beri Sinyal Dukung Ridwan Kamil Jadi Capres di 2024

Dede Susianti | Politik dan Hukum
PAN Beri Sinyal Dukung Ridwan Kamil Jadi Capres di 2024

ANTARA FOTO/Novrian Arbi
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, berpotensi dicalonkan PAN sebagai capres pada Pilpres 2024.

 

SINYAL dukungan dari partai-partai untuk Ridwan Kamil (RK) atau yang juga akrab disapa Kang Emil, Gubernur Jawa Barat itu menjadi calon presiden (capres) pada tahun 2024 terus mengalir.

Setelah sebelumnya datang tawaran bergabung di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), kini sinyal baru datang dari Partai Amanat Nasional ( PAN).

Di sebuah kesempatan, Wakil Ketua Umum (waketum) PAN Viva Yoga Mauladi menyambut baik kesiapan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dia menilai, Ridwan Kamil, di beberapa hasil lembaga survei memiliki popularitas dan elektabilitas yang cukup bagus untuk berkompetisi di Pilpres 2024.

"Ini menjadi modal bagi Kang Emil untuk berkiprah dalam proses politik selanjutnya', ujar Viva Yoga seperti dalam rilis yang diterima, Rabu (26/1).

Selain itu, secara kedekatan, Viva menyebut Ridwan Kamil dan PAN telah lama terjalin sehingga memiliki kecocokan dalam hal visi dan misi. Dengan itu, PAN pun telah menganggap RK sudah seperti keluarga sendiri.

"Menurut saya Kang Emil itu rasanya at home apabila berada di lingkungan PAN karena kita sudah anggap sebagai saudara sendiri", pungkas Viva Yoga

Sementara itu di sebuah kesempatan di Bogor, Bima Arya Sugiarto, Wakil Ketua Umum DPP PAN yang juga Wali Kota Bogor mengungkapkan pandangan tersendiri terhadap Ridwan Kamil.

"Saya pribadi menilai Kang Emil adalah yang terbaik dari pilihan yang ada. pengalaman yang panjang di pemerintahan, punya kecakapan dalam manajemen pembangunan dan wawasan kebangsaan yang kuat. Kurangnya hanya satu, belum menjadi bagian dari partai politik," kata Bima.

Sebelumnya, Bima menyebut partainya melirik empat tokoh eksternal untuk pemilihan presiden 2024. Keempat tokoh itu hadir dalam Workshop Nasional PAN di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali beberapa waktu lalu.

Mereka adalah Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Saat itu, Bima mengungkapkan partainya tertarik kepada keempat tokoh tersebut lantaran menduduki puncak hasil survei pilpres.

Peluang untuk Ridwan Kamil dalam Pilpres 2024 menggantikan Jokowi disebutnya cukup besar.

Keberadaan dan sosok Ridwan Kamil sendiri dianggapnya bisa mewakili generasi X dalam memimpin Indonesia. Terlebih pada 2024 mendatang akan diisi 50% generasi milenial dan Z usia kisaran 18 hingga 40 tahun.

Berdasarkan representasi itulah, Bima juga menginginkan agar Ridwan Kamil dapat memimpin Indonesia ke depan.

"Tahun 2024, insyaallah kita doakan pak gubernur sebagai salah satu representasi dari generasi X yang insyaallah akan memimpin bangsa Indonesia kedepan yang saat ini kita doakan juga pak gubernur sukses mengemban amanah hingga di ujung nanti," kata Bima.

Sampai sejauh ini, Bima mengatakan, PAN pun masih terbuka menjalin komunikasi dengan partai lain dalam menentukan calon yang tepat dalam pertarungan politik tersebut.

Bima juga menyampaikan partai berlambang matahari putih itu memiliki tokoh internal yang dijagokan untuk Pilpres 2024, yakni ketua umumnya Zulkifli Hasan, Ketua Dewan Kehormatan PAN Soetrisno Bachir yang saat ini masih mengisi kepemimpinan nasional.

"Tentu pada saatnya PAN akan menentukan, bisa salah satu dari mereka atau bahkan di luar dari mereka, masih panjang, " katanya.

Dalam simulasi koalisi parpol yang dilakukan oleh lembaga Politika Research and Consulting (PRC), Ridwan Kamil menjadi tokoh yang paling diterima untuk menjadi calon presiden (capres) dalam semua poros koalisi partai politik kemungkinan terbentuk pada Pilpres 2024. (DD/OL-09)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Mantan Anggota KPU RI Viryan Aziz Meninggal Dunia karena Sakit

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 06:46 WIB
Viryan meninggal pukul 01.40 WIB di Rumah Sakit Abdi Waluyo Jakarta, Sabtu...
MI/ Adam Dwi

Penyuap Eks Bupati Buru Selatan Diadili di PN Ambon

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Jumat 20 Mei 2022, 23:10 WIB
Dalam kasus ini KPK menetapkan tiga tersangka, yakni Tagop Sudarsono Soulisa, dan dua pihak swasta Johny Ryndard Kasman serta Ivana...
Antara

Irjen Napoleon Dipecat Usai Semua Kasus Inkrah

👤Siti Yona Hukmana 🕔Jumat 20 Mei 2022, 23:05 WIB
Gatot memastikan Divisi Propam Polri akan melakukan sidang kode etik terhadap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya