Sabtu 01 Januari 2022, 10:54 WIB

DPR Tutupi Anggaran, Jadi Habitat Korupsi

 Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
DPR Tutupi Anggaran, Jadi Habitat Korupsi

MI/ADI MAULANA IBRAHIM
Manajer Riset Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Seknas FITRA) Badiul Hadi.

 

PENGELOLAAN keuangan oleh Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR tidak transparan. Ditambah lagi pengawasan dana reses tidak berjalan sehingga praktik korupsi di DPR sulit diberantas. 

"Pemantauan IBC, BURT belum menjalankan prinsip-prinsip penganggaran dan pengawasan yang transparan dan akuntabel. Bentuknya seperti tidak adanya publikasi dokumen kebijakan tata kelola keuangan dan RKA DPR oleh BURT," ujar Manajer Riset Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Seknas FITRA) Badiul Hadi pada webinar bertajuk Catatan Akhir Tahun Kinerja Fungsi Anggaran DPR: Transparansi vs Ketertutupan, Kamis (30/12).

Pada kesempatan itu hadir Direktur Lingkar Madani Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti, Direktur Indonesia Budget Center (IBC) Roy Salamdan Peneliti Senior FORMAPPI M. Djadijono.

Badiul mengatakan catatan merah terhadap DPR dalam pengelolaan keuangan itu disokong juga akibat lemahnya pengawasan dan akuntabilitas penggunaan anggaran. Misalnya mengenai penggunaan dana reses anggota DPR yang tidak terpublikasi.

Padahal, kata dia DPR telah meratifikasi ketentuan transparansi keuangan dengan 180 lembaga serupa di dunia. Sejatinya DPR memberikan informasi yang lebih baik ke publik untuk seluruh kegiatan, produk legislasi berikut anggaran.

"Sehingga semangat open parliament bisa lebih maksimal tidak hanya formalitas semata," katanya.

Kondisi tersebut, kata Badiul, memberikan kesempatan bagi oknum DPR untuk lebih leluasa melakukan tindak pidana korupsi. "Misalnya eks Ketua DPR Setya Novanto, bekas Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan, dan juga Aziz Syamsudin.

Dalam kurun waktu 2015-2020 lebih dari 25 kasus melibatkan Anggota DPR RI, terutama terkait alokasi dana perimbangan," pungkasnya. (Cah/OL-09) 

Baca Juga

Instagram @gerindra

Prabowo Sowan Ke 9 Kiai Sepuh NU Jateng, M Qodari: Game Changer di Pilpres 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 17:57 WIB
“Ini memperlihatkan arah baru untuk segmentasi atau basis politik yang dituju. Kita tahu pada 2014 dan 2019 arahnya itu dengan...
Ist/DPR

Johan Budi: Gunakan UU TPPU dalam Pengungkapan Kasus Judi

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 17:05 WIB
DPR mengusulkan UU 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (UU TPPU) dalam upaya penindakan kasus...
Ist

Relawan Puan Gelar Kegiatan Senam Asik dan Aksi Peduli Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 16:55 WIB
Dalam kegiatan ini, Relawan Puan membagikan ratusan paket sembako bagi warga yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya