Senin 22 November 2021, 17:56 WIB

Golkar Tidak Mau Terpaku Hasil Survei Capres 

Emric Cahirullah | Politik dan Hukum
Golkar Tidak Mau Terpaku Hasil Survei Capres 

MI/Susanto
Survei elektabilitas Capres oleh Lembaga Survei Puspoll Indonesia

 

BERBAGAI hasil survei mengenai popularitas dan elektabilitas calon presiden yang bakal maju pada Pilpres 2024 diyakini bakal mengalami banyak perubahan. 

Pasalnya, ungkap Politikus Partai Golkar Dave Laksono, sejumlah tokoh yang diperkirakan maju dalam Pilpres mendatang masih fokus dengan pekerjaan utama di instansi yang mereka pimpin. 

“Kalau pun ada yang popularitasnya tinggi atau rendah, ini kan baru hari ini. Jangan terpaku survei,” katanya ketika dihubungi, Senin (22/11). 

Ia mencontohkan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto yang elektabilitasnya saat ini masih terbilang rendah berdasarkan hasil survei. Menurutnya hal tersebut karena Airlangga belum mau meluangkan waktunya untuk manuver Pilpres 2024. 

“Pak Airlangga kan masih fokus dengan upaya pemulihan ekonomi di tengah pandemi ini. Jadi beliau kemungkinan belum mempunyai waktu untuk Pilpres 2024,” ungkapnya. 

Namun demikian, tambah Ketua Umum Ketua Umum PPK Kosgoro 1957, dirinya meyakini elektabilitas Airlangga bakal segera meningkat dalam waktu tak lama lagi. Partai Golkar, ungkap Dave, bakal menggunakan jaringan politiknya di daerah termasuk menggunakan ormas dan jaringan pemuda. 

Baca juga : Istana: Pertemuan Puan dan Prabowo Hal yang Lumrah

“Jaringan-jaringan ini yang nantinya akan mencoba meningkatkan elektabilitas Pak Airlangga,” jelasnya. 

Sebagai diketahui, beberapa survei sudah menyebutkan nama-nama potensial yang bakal maju ke Pilpres 2024. Nama-nama dari kalangan parpol antara lain Prabowo Subianto (Partai Gerindra), Agus Harimurti Yudhoyono (Partai Demokrat), Puan Maharani (PDIP), Airlangga Hartarto (Golkar), dan Muhaimin Iskandar (PKB). 

Sementara dari kalangan kepala daerah muncul nama seperti Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, dan Kofifah Parawangsa. 

Secara terpisah Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sukamta menyebutkan hingga saat ini partainya belum mau mengeluarkan kriteria capres yang bakal diusung pada Pilpres 2024. Walaupun beberapa parpol sudah menggadangkan calonnya, PKS tidak mau ikut terpancing. 

“Masih lama (Pilpres). Nanti aja kalau sudah dekat,” ujarnya. (OL-7)

Baca Juga

DOK MI.

Kejagung Naikkan Kasus Korupsi Garuda ke Penyidikan

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 19 Januari 2022, 17:21 WIB
Pengembangan penyidikan juga akan mengarah pada pengadaan pesawat jenis Airbus, Boeing, dan mesin pesawat...
ANTARA

DPR Minta Masukan Profil Calon dari Tim Seleksi Calon KPU-Bawaslu

👤Indriyani Astuti 🕔Rabu 19 Januari 2022, 17:04 WIB
Anggota Komisi II dari Fraksi Golkar Ali Mufthi meminta tim seleksi memberikan makalah para...
 MI / ADAM DWI

Ambang Batas Pencalonan Presiden Dapat Munculkan Calon Tunggal

👤Indriyani Astuti 🕔Rabu 19 Januari 2022, 16:07 WIB
Refly menyebut dukungan politik di parlemen terhadap penguasa saat ini, hampir 82% kursi atau mendapatkan dukungan mayoritas suara dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya