Selasa 02 November 2021, 14:35 WIB

Idap Kanker Prostat, SBY Akan Jalani Pengobatan di Amerika Serikat

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Idap Kanker Prostat, SBY Akan Jalani Pengobatan di Amerika Serikat

ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono

 

PRESIDEN Ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hari ini akan berangkat ke Amerika Serikat. Perjalanan tersebut dilakukan dalam rangka pengobatan kanker prostat yang diderita Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat tersebut.

"Adalah benar Bapak SBY dalam waktu dekat akan melakukan medical check-up dan treatment di luar negeri. Sesuai dengan diagnosa dari tim dokter, Bapak SBY mengalami kanker prostat (prostate cancer). Berdasarkan hasil pemeriksaan baik melalui metode MRI, biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scan dan pemeriksaan yang lain, kanker prostat yang diderita oleh Bapak SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal," ujar Staf Pribadi Presiden RI Ke-6 Ossy Dermawan dalam keterangannya, Selasa (2/11).

Menurut dia tim dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan Bapak SBY. Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan tim dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di luar negeri.

Alasannya, lanjut dia karena rumah sakit yang dimaksud memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat. Komunikasi yang dilakukan antara tim dokter Indonesia dan tim dokter negara sahabat berlangsung dengan baik dan pihak luar negeri sepakat dan bersedia untuk menangani SBY.

"Ketua tim dokter luar negeri dalam komunikasi langsung dengan Bapak SBY, via telemedicine, setelah mempelajari semua data kesehatan Bapak SBY, menyampaikan optimismenya untuk bisa mengatasi penyakit yang diderita Bapak SBY," terangnya.

Baca juga: Segera Tuntaskan Target Vaksinasi Covid-19 Kelompok Rentan

Ia mengatakan pihak SBY sudah berkomunikasi dengan Presiden Jokowi mengenai rencana keberangkatan ke luar negeri. "Sesuai dengan etika dan tata krama yang dianut SBY sudah menelepon Bapak Presiden Jokowi untuk melaporkan rencana berobat ke luar negeri. Presiden Jokowi memberikan respons yang baik dan menyampaikan bahwa satu-dua anggota tim dokter kepresidenan akan mendampingi dalam pengobatan tersebut," paparnya.

Ossy menambahkan SBY tetap menjalankan kegiatan rutin seperti melukis, membaca dan menulis, berolahraga serta kegiatan-kegiatan lain. "Bapak SBY memohon doa dari para sahabat khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya agar medical treatment yang dilakukan dapat berjalan dengan baik," pungkasnya.

Terpisah Anggota Majelis Tinggi Demokrat Syarief Hasan mengatakan SBY akan melakukan perawatan kesehatan sekaligus pengecekan kesehatan di Amerika Serikat. Rencananya SBY akan berangkat hari ini, Selasa, (2/11).

Dia menyampaikan SBY akan didampingi keluarga selama di Negeri Paman Sam. Dia menyampaikan SBY akan berada di Amerika dalam sebulan ke depan.

Rencananya, SBY akan diperiksa di rumah sakit di wilayah Minneapolis. "Itu (RS) khusus untuk cancer," ungkap dia.

Wakil Ketua MPR itu menyebut kanker prostat yang diderita SBY pada level stadium awal. Sehingga, kondisi eks Menteri Koordinator (Menko) Politik, Hukum, dan Keamanan itu masih relatif baik.

"Kemarin saya ketemu, beliau banyak ngomong, relatif kesehatannya seperti biasa aja," ungkap dia.

Selain itu, dia menyampaikan SBY dalam kondisi baik. Tidak ada gangguan kesehatan yang cukup signifikan diderita SBY.

"Menurut chek up di RS beliau sangat baik kesehatannya, tidak ada yang terlalu banyak mengganggu," tutupnya. (OL-4)

Baca Juga

Antara

Terdakwa Alvin Lim Akui Tak Terima Surat Pemanggilan Sidang Pertama

👤Ant 🕔Senin 04 Juli 2022, 20:00 WIB
Alvin mempersoalkan tindakan upaya paksa yang dilakukan jaksa dari Kejari Jaksel didampingi petugas...
MI/Duta

Perludem: Butuh Payung hukum Pemilu terkait DOB Papua

👤Mediaindonesia 🕔Senin 04 Juli 2022, 19:47 WIB
Keberadaan payung hukum tersebut bernilai penting untuk menjawab kepastian mengenai penyesuaian beberapa hal, seperti jumlah kursi di DPR...
Antara

Kejagung Periksa Ketua dan Wakil Asosiasi Pertekstilan Terkait Fasilitas KITE

👤Siti Yona Hukmana 🕔Senin 04 Juli 2022, 19:43 WIB
Kejagung telah menyita dan menyegel 19 kontainer berisi tekstil di Pelabuhan Tanjung...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya