Minggu 19 September 2021, 08:40 WIB

Anggota DPR: Peran Penyuluh Pertanian Strategis untuk Indonesia Maju

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Anggota DPR: Peran Penyuluh Pertanian Strategis untuk Indonesia Maju

Antara
Anggota Komisi IV DPR RI Daniel Johan

 

ANGGOTA Komisi IV DPR RI Daniel Johan mengatakan peran penyuluh pertanian sangat strategis untuk mencapai Indonesia maju.
  
''Masa depan Indonesia ada di pertanian. Pertanian lemah jangan harap Indonesia maju. Indonesia harus menjadi kekuatan pangan di dunia. Itu lah strategisnya penyuluh,'' ujar Daniel Johan yang juga anggota Dewan Pakar DPW Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Kalimanan Barat (Kalbar) dalam sambutannya pada saat pengukuhan DPW Perhiptani Kalbar 2021-2026 di Kubu Raya, Sabtu (18/9).
  
Hanya saja, kata dia, kondisi pertanian saat ini sebanyak 91% masih digeluti kalangan orangtua di atas 45 tahun. Sisanya, baru petani milenial. ''Nah, kondisi ini tentu harus menjadi perhatian kita bersama. Bagaimana generasi muda terus hadir untuk keberlanjutan pertanian di Indonesia. Ini tentu peran penyuluh,'' kata dia.
  
Terkait penyuluh sendiri, menurutnya, saat ini membutuhkan peningkatan kapasitas. Penyuluh butuh kapasitas juga, bukan hanya masalah pangan tapi di hortikultura dan pengolahan hasil. Sehingga program penyuluhan pertanian lebih banyak.
  
''Kita juga banyak butuh demplot, agar penyuluh dalam penerapan teknologi terbaru bisa lebih dulu menerapkannya sebelum disebar ke petani,'' ujarnya.
  
Menurutnya, penyuluh saat ini harusnya juga tidak dibebankan dengan administrasi tapi fokus saja ke lapangan. ''Terkait kesejahteraan penyuluh harus juga menjadi perhatian kita,'' kata dia. (RO/OL-10)

Baca Juga

Ist/DPR

Anggota DPR Tinjau Program Padat Karya BPJN PUPR Kepulauan Riau

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 11:29 WIB
Legislator Dapil Kepri tersebut mengungkapkan, dana aspirasi yang bersumber dari APBN 2021 itu digunakan melalui program padat...
Ist/DPR

Anggota DPR Berikan Bantuan Korban Tanah Longsor di Desa Trunyan

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 10:56 WIB
Anggota DPR RI AA. Bagus Adhi Mahendra atau yang akrab di panggil Gus Adhi meninjau langsung salah satu lokasi longsor di Desa Trunyan,...
Ist/DPR

Puan: Terima Kasih Tim Thomas Cup RI Sudah ‘Kibarkan’ Merah Putih

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 10:26 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani memberikan apresiasi yang tinggi atas keberhasilan tim bulu tangkis putra Indonesia memboyong Piala Thomas...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya