Minggu 01 Agustus 2021, 13:11 WIB

Kapolri Instruksi Jajaran Capai 70% Vaksinasi di Seluruh Wilayah

Rahmatul Fajri | Politik dan Hukum
Kapolri Instruksi Jajaran Capai 70% Vaksinasi di Seluruh Wilayah

Mi/Agus Utantoro
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

 

KAPOLRI Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan jajarannya atau Kapolda di seluruh wilayah untuk mempercepat vaksinasi. Ia menargetkan 70% warga telah divaksinasi di seluruh wilayah pada HUT ke-75 Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

"Kami laksanakan vicon (video conference) dengan para Kapolda pada tanggal 17 Agustus, Insyaallah kami dibantu dengan kerjas ama rekan-rekan baik Pemda, TNI serta seluruh relawan akan mampu capai target 70% untuk vaksin bersama," kata Sigit di Polda Metro Jaya, Minggu (1/8).

Menurut Sigit, guna mencapai target 70% vaksinasi tersebut diperlukan kolaborasi, pengorganisasian, dan strategi yang tepat. Salah satunya adalah 'Gerakan Vaksinasi Merdeka' yang diinisiasi oleh Polda Metro Jaya. Gerakan Vaksinasi Merdeka' di Jakarta akan diselenggarakan di 668 titik gerai vaksinasi yang tersebar di 900 RW, yang berada di Jakarta dengan melibatkan 4.500 relawan yang terdiri dari 1.800 orang tenaga medis, dokter pelaksana screening dan vaksinator. Dan 2.700 orang non tenaga medis, observator dan input administrasi.

Baca juga : Polisi Selidiki Aksi Peretas Terhadap Situs Sekretariat Kabinet

Setiap relawan akan mendapatkan penggantian ongkos transportasi melalui aplikasi Gojek dan insentif. Target yang akan dicapai yaitu 200 suntikan per-RW per hari mulai dari 1 Agustus, sehingga dapat mencapai 3.060.000 suntikan pada saat hari Kemerdekaan RI ke-76 tanggal 17 Agustus nanti.

Ia mengatakan langkah serupa juga bisa dilakukan di wilayah lain.

"Harapannya di 17 Agustus di tempat-tempat yang lain bisa melakukan hal yang sama atau segera menyusul, sehingga kegiatan ini dalam upaya akselerasi mewujudkan herd immunity bisa betul-betul dilaksanakan di seluruh wilayah," kata Sigit.

Ia mengatakan dengan upaya percepatan vaksinasi di seluruh wilayah, maka akan mempercepat pula pelonggaran PPKM yang nantinya akan kembali membuat roda perekonomian kembali berputar.

"Kalau kita bersatu melaksanakan kegiatan protokol secara ketat, 5M secara kuat, atau 3T secara kuat, kemudian vaksinasinya juga diakselerasi maka akan ada assessment untuk menurunkan level," kata Sigit.(OL-2)

 

Baca Juga

DOK DPR RI

Rachmat Gobel Apresiasi Terbentuknya BUMDes Bersama Situbondo

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 18 September 2021, 11:03 WIB
BUMDes Bersama Situbondo, menurut Gobel banyak memberikan nilai tambah, sehingga layak untuk dijadikan role model bagi BUMDes di daerah...
DOK DPR RI

Komisi IX Berharap Pekerja Kena PHK Dapat Dipekerjakan Kembali

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 18 September 2021, 10:40 WIB
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Ansory Siregar berharap yang masih bekerja jangan ada lagi yang...
Dok Unhan

Prabowo Restui Penguatan Arhanud

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 18 September 2021, 08:51 WIB
Pertahanan Arhanud menjadi pilihan utama dan sudah direstui Menteri Pertahanan Prabowo...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ramai-Ramai Abai Laporkan Kekayaan

KPK mengungkap kepatuhan para pejabat membuat LHKPN tahun ini bermasalah. Akurasinya juga diduga meragukan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya