Rabu 21 Juli 2021, 09:19 WIB

Dua Pegawai KPK Ikut Diklat Bela Negara Secara Daring karena Positif Covid-19

Candra Yuri Nuralam | Politik dan Hukum
Dua Pegawai KPK Ikut Diklat Bela Negara Secara Daring karena Positif Covid-19

ANTARA/Muhammad Adimaja
Pekerja membersihkan logo Komisi Pemberantasan Korupsi di gedung KPK, Jakarta

 

SEBANYAK 18 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menjalani pelatihan dan pendidikan (diklat) bela negara, Kamis (22/7). Dua dari 18 pegawai itu terpaksa mengikuti pelatihan secara daring.

"Dua pegawai yang masih menjalani isolasi mandiri covid-19 akan mengikutinya secara daring," kata Sekretaris Jenderal KPK Cahya Harefa melalui keterangan tertulis, Rabu (21/7), 21 Juli 2021.

Cahya mengatakan sebanyak 16 pegawai KPK akan mengikuti diklat itu secara fisik. Mereka akan dilatih di Universitas Pertahanan RI Sentul, Bogor sampai 30 Agustus 2021.

Baca juga: Ada Pegawai yang Tolak Pelatihan Bela Negara, KPK Cuek

"Tercatat 18 orang telah bersedia dengan menandatangani formulir kesediaan untuk mengikuti diklat tersebut," ujar Cahya.

Ada tiga cakupan pembelajaran yang akan diterima oleh pegawai dalam diklat itu. Tiga pembelajaran itu terdiri dari studi dasar, inti, dan pendukung.

"Studi dasar mencakup wawasan kebangsaan atau empat konsensus dasar negara, sishankamrata, kepemimpinan berwawasan bela negara, serta pencegahan dan penanggulangan terorisme atau radikalisme dan konflik sosial," tutur Cahya.

Materi inti mengajarkan para pegawai untuk mengembangkan nilai-nilai dan keterampilan dasar bela negara. Lalu, studi pendukung terkait pelaksanaan upacara pembukaan, atau penutupan, muatan lokal, serta bimbingan dan pengasuhan. (OL-1)

Baca Juga

DOK DPR RI

Puan: Cegah Luar Jawa-Bali Jadi Episentrum Baru Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 Juli 2021, 18:46 WIB
Puan menambahkan testing dan tracing harus ditingkatkan secara masif per daerah. Sebab, semakin cepat testing masif dilakukan, semakin...
Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar

Dewas Gelar Sidang Etik Lili Pintauli Siregar Pekan Depan

👤Dhika kusuma winata 🕔Selasa 27 Juli 2021, 18:25 WIB
Pelapornya yakni Direktur Pembinaan Jaringan Kerja Antar-Komisi dan Instansi (PJKAKI) KPK Sujanarko dan dua penyidik Novel Baswedan dan...
MI/Susanto

KSP: Jangan Buang Energi desak Jokowi Mundur

👤Andhika prasetyo 🕔Selasa 27 Juli 2021, 18:10 WIB
Ketimbang menghabiskan energi untuk hal tersebut, ia meminta masyarakat membantu pemerintah menangani pandemi yang hingga sekarang belum...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Saling Jaga dari Serangan Virus

PANDEMI covid-19 telah berdampak besar bagi warga, terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan harian, seperti ojek daring, buruh harian, dan pekerja lepas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya