Selasa 15 Juni 2021, 13:15 WIB

BNPT, PTPN, USU, Tandatangani Kerja Sama Pencegahan Radikalisme

Muhamad Fauzi | Politik dan Hukum
BNPT, PTPN, USU, Tandatangani Kerja Sama Pencegahan Radikalisme

dok.humas USU
BNPT, PTPN dan USU menandatangani kerjasama pencegahan radikasme dan terorisme, di Jakarta, Selasa (15/6)

 

BADAN Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) PT Perkebunan Nusantara (PTPN), dan Universitas Sumatra Utara (USU), menandatangani kerja sama pencegahan radikalisme dan terorisme di Jakarta, Selasa (15/6).

Penandatanganan kerja sama itu dilakukan Rektor USU Muryanto Amin, Direktur PTPN Holding Abdul Ghani dan Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT Hendri P Lubis. Kepala BNPT saat ni Boy Rafli Amar dan Kepala BNPT 2916-2020 Suhardi Alius.

Dalam sambutannya, Kepala BNPT Boy Rafli Amar mengatakan kerja sama dengan berbagai pihak sangat penting bagi pencegahan terorisme. BNPT menyambut kerja sama semacam ini untuk kebaikan pencegahan terorisme dan radikakisme.  "Tujuannya ialah membangkitkan kewaspadaan kita semua supaya tidak disusupi ideologi radikalisme dan terorisme," kata Boy Rafli Amar.

Direktur Utama PTPN Holding Abdul Ghani  mengatakan kerja sama ini merupakan  kelanjutan kerja sama BNPT dan BUMN pada 2019 lalu. Abdul Ghani menjelaskan wilayah kerja PTPN sangat luas dengan jumlah pegawai ratusan ribu orang. "Banyak wilayah kerja kami yang masuk remote area yang memerlukan pemantauan untuk mencegah menyusupnya ideologi lain," kata Abdul Ghani.

Rektor USU Muryanto Amin menjelaskan politik identitas agama  meningkat tajam, terutama  setelah pemilu.  Politik identitas agama ini, menurut Muryanto, bisa memicu radikalisme, termasuk di kalangan anak muda dan mahasiswa. Oleh karena itu, kerja sama dengan BNPT, juga PTPN, menjadi penting untuk mencegah radikalisme dan sosialisme.

Muryanto menambahkan untuk mencegah radikalisme USU antara lain dengan mengajarkan mata kuliah agama yang menitikberatkan keberagaman, mengelola masjid dan musala serta asrama mahasiswa. (RO/OL-13)

Baca Juga: Densus 88 Ciduk 1 Terduga Teroris JAD di Bogor

Baca Juga

dok.Ant

Pengamat Dorong Firli Geber Kinerja hingga Akhir Jabatan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 08:10 WIB
MENJABAT komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di era transisi pasca revisi UU Nomor 30 Tahun 2002 tidaklah...
dok.ist

KPK Hadiri Sidang Praperadilan yang Diajukan Nizar Dahlan ke PN Jaksel

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 05:40 WIB
SETELAH mangkir dalam sidang praperadilan pertama, kini KPK hadir dalam sidang praperadilan yang ajukan oleh Kader senior Partai Persatuan...
DOK MI

15 Eks Anggota JI Ikrar Setia Kepada NKRI

👤Widhoroso 🕔Senin 08 Agustus 2022, 23:56 WIB
WAKIL Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyaksikan langsung 15 mantan anggota Jamaah Islamiyah (JI) yang ikrar setia kepada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya