Senin 26 April 2021, 20:40 WIB

Evakuasi KRI Nanggala-402 Butuh Kajian Matang

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Evakuasi KRI Nanggala-402 Butuh Kajian Matang

Ant/Fikri Yusuf
Petugas mengamati peta yang terpasang di Posko Terpadu Perbantuan Evakuasi KRI Nanggala 402, Celukan Bawang, Buleleng, Bali, Senin (26/4)

 

TNI Angkatan Laut (AL) bersama sejumlah stakeholders tengah mengkaji proses evakuasi KRI Nanggala 402. Sebab di kedalaman 838 meter membutuhkan tahapan dan mekanisme yang matang.

"Itu masih didiskusikan mengingat kedalamannya 838 meter, dari foto/vidio bawah air, arus dan lain-lain. Semuanya akan dianalisa mendalam langkah teknologi apa yang akan dipakai," terang Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono kepada Media Group News, Senin (26/4).

Menurut dia, TNI AL masih mencari referensi evakuasi kapal yang berada di bawah permukaan air yang dalam. Studi ini dibutuhkan untuk memastikan prosesnya lancar.

Pihaknya juga membuka ruang bagi ahli yang mampu memberi masukan kepada TNI AL mengenai mekanisme evakuasi Nanggala 402.

"Segala upaya dikerjakan, membuka peluang untuk siapapun, termasuk Ismerlo, tergantung masukan para ahli dan keputusan pemerintah apabila lintas negara, pengajuan akan dilakukan berjenjang secara hirarki," ungkapnya.

Menurut dia, TNI AL sudah mengantongi sejumlah masukan termasuk dari Kepala Kepolisian RI Jenderal Listy Sigit. Nantinya kesimpulan dari kajian ini akan segera dipublikasikan.

"Bahkan Kapolri secara antusias memberikan masukan dengan beberapa referensi dunia. Kejadian ini dampak positifnya adalah makin mensinergikan, menyatukan, menguatkan empati antara stakeholder, individu bahkan organisasi yang tidak terkait pun ikut serta, meskipun ada beberapa individu yang masih komentar negatif," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: CEO Media Group Pimpin Salat Gaib untuk Awak KRI Nanggala-402

Baca Juga

DOK Golkar.

Ingin Berjaya kembali, Golkar Berupaya Airlangga Menjadi Presiden 2024

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 15:42 WIB
Golkar menjajaki koalisi dengan partai-partai yang tokohnya pernah di Golkar seperti Nasdem besutan Surya Paloh dan Gerindra besutan...
Dok MI

Komisi III DPR Desak Tindak Tegas Dugaan Bisnis Narkoba di Lapas

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 14:45 WIB
Karena dugaan bisnis kotor ini bukan hal baru, bahkan sudah berjalan cukup lama dan hampir terjadi di setiap...
MI/Adam

Wapres Tinjau GKI di Tanah Papua

👤 Indriyani Astuti 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 14:03 WIB
Wapres mengapresiasi dan memberikan ucapan terima kasih kepada pengurus GKI Jemaat Pniel Jayapura yang telah berkontribusi dalam melakukan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya