Kamis 03 Juni 2021, 19:05 WIB

TNI AL Bangun Monumen KRI Nanggala-402

Faishol Taselan | Nusantara
TNI AL Bangun Monumen KRI Nanggala-402

AFP
KRI Nanggala 402

 

TNI Angkatan Laut membangun monumen untuk mengenang peristiwa tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402 di Laut Bali. Monumen dibuat di dermaga Satuan Kapal Selam Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur. 

Pembangunan monumen ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Kepala Staf Angkatan laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, Kamis (3/6). "Monumen KRI Nanggala-402 dibangun di lokasi area Ghoravira Madyajala Koarmada II dengan luas 842.5 M2," kata Yudo Margono.

Monumen akan dibangun dengan konsep Area Outdoor berupa landscape dan hall of fame, dan konsep Area Indoor berupa infografis tentang KRI Nanggala. "Sementara proses pembangunan menurut keterangan  Kadisjarahal, akan memakan waktu kurang lebih tiga bulan," ujarnya.

Menanggapi pembangunan monumen, Kasal mengungkapkan jika para prajurit yang gugur bersama KRI Nanggala di perairan utara Pulau Bali, dharma  baktinya kepada negara dan bangsa akan dikenang nantinya di monumen ini.

"Besar monumen 1 berbanding 1. Jadi persis dengan besarnya KRI Nanggala. Didalamnya akan kita rancang juga dengan berbagai kenangan, operasi yang  telah dilaksanakan, termasuk sejarah pembangunannya dan juga para syuhada yang gugur bersama KRI Nanggla pada 21 April lalu," katanya. (OL-15)

Baca Juga

Dok.MI

Polrestabes Medan Ungkap Kasus Pencabulan Anak Kandung

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 21 Januari 2022, 07:00 WIB
Hasil interogasi, pelaku mengaku melakukan pencabulan sejak Desember 2021 dengan cara mengancam korban untuk memperlancar aksinya...
MI/Apul Iskandar

Wali Kota Tebing Tinggi Raih Penghargaan dari OJK

👤Apul Iskandar 🕔Jumat 21 Januari 2022, 06:44 WIB
Wali Kota Tebing Tinggi itu menjadi satu-satunya kepala daerah dari 514 daerah Kabupaten/Kota se-Indonesia yang menerima penghargaan...
MI/PALCE AMALO

Pembangunan Jembatan Naen di Timor Tengah Utara Rampung 90%

👤Palce Amalo 🕔Jumat 21 Januari 2022, 06:23 WIB
Sebelumnya, warga di daerah itu memprotes pemerintah daerah karena menilai pembangunan jembatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya