Rabu 21 April 2021, 13:30 WIB

Polri Temukan Unsur Pidana Kebakaran Kilang Pertamina Balongan

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
Polri Temukan Unsur Pidana Kebakaran Kilang Pertamina Balongan

Agus Sipur / AFP
Foto dari udara tampak api dan asap hitam membungbum ke udara di Kilang Minyak Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (31/3/2021).

 

POLRI menyatakan telah menemukan adanya unsur pidana kesalahan atau kealpaan atas terjadinya kebakaran Kilang minyak milik PT Pertamina RU VI Balongan di Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengemukakan bahwa petugas menemukan adanya unsur pidana setelah dilakukan pemeriksaan beberapa saksi, olah TKP dan melakukan memeriksa barang bukti. 

"Dari hasil itu semua pada tanggal 16 April kemarin dilakukan gelar perkara terhadap peristiwa tersebut. Kesimpulan gelar perkara adalah telah ditemukan adanya tindak pidana," ujar Rusdi di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Rabu (21/4).

Dengan adanya dugaan pidana, lanjut Rusdi, pihaknya saat ini telah meningkatkan status perkara kebakaran ke tahap penyidikan. 

Adapun unsur pidana tersebut sesuai dengan Pasal 188 KUHP yang berbunyi; 'Barang siapa karena kesalahan (kealpaan) menyebabkan kebakaran, ledakan atau banjir, diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana kurungan paling lama satu tahun atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah, jika karena perbuatan itu timbul bahaya umum bagi barang, jika karena perbuatan itu timbul bahaya bagi nyawa orang lain, atau jika karena perbuatan itu mengakibatkan orang mati'.

Adapun  polisi juga telah menerima Laporan Polisi terkait kasus itu dengan nomor LP 147/IV2021/Jabar/Polres Indramayu.

Sebelumnya, kilang minyak milik PT Pertamina RU VI Balongan di Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat, meledak dan terbakar hebat sejak Senin  (29/3) dini hari. (Ykb/OL-09)

Baca Juga

Ilustrasi

Dua Hakim Ketahuan Nyabu, Pakar Hukum: Kita Berharap Ke Siapa Lagi?

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 29 Mei 2022, 19:15 WIB
"akim yang harusnya memutus perkara terkait dengan penyalahgunaan narkoba malah ia terkena sendiri, sangat anomali," ungkap...
DOK Pribadi.

BSKDN Kemendagri Gandeng UI Perkuat Validasi Indeks Inovasi Daerah

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Mei 2022, 18:22 WIB
Pihaknya meminta masukan terkait sejumlah hal yang perlu dipersiapkan demi kelancaran pengukuran Indeks Inovasi Daerah 2022 yang...
.

Politisi Pindah ke Golkar karena Lebih Demokratis

👤RO/Micom 🕔Minggu 29 Mei 2022, 14:54 WIB
Di Golkar setiap kader bisa bersaing dengan kemampuannya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya