Selasa 02 Maret 2021, 14:45 WIB

Pencabutan Penghargaan BHACA Nurdin Abdullah Tidak Mudah

Dhika kusuma winata | Politik dan Hukum
Pencabutan Penghargaan BHACA Nurdin Abdullah Tidak Mudah

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (Rompi oranye)

 

PERKUMPULAN Bung Hatta Anti-Corruption Award (BHACA) menyesalkan kasus dugaan korupsi yang menimpa Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah. Pengurus BHACA menyatakan akan mengevaluasi penghargaan yang pernah diberikan kepada Nurdin.

"Dewan Pengurus Perkumpulan BHACA akan mengevaluasi secara internal melalui proses due diligence yang berlaku di BHACA di mana penarikan kembali sebuah award memerlukan proses yang tidak kalah teliti dari penganugerahannya," kata Ketua Dewan Pengurus Perkumpulan BHACA Shanti L Poesposoetjipto dalam pernyataan pers, Selasa (2/3).

Nurdin Abdullah menerima penghargaan antikorupsi itu pada 2017 lalu ketika menjabat sebagai Bupati Bantaeng. Sebelum menjadi gubernur, Nurdin menjabat bupati selama dua periode sejak 2008 hingga 2018.

Baca juga: Penghargaan Antikorupsi Nurdin Dicabut Saat Jadi Tersangka

BHACA ketika itu memberi Nurdin penghargaan karena menilai upayanya dalam tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih serta antikorupsi.

Perkumpulan BHACA menyatakan pemilihan Nurdin kala itu melalui seleksi yang ketat melalui proses yang seksama dan hati-hati oleh dewan juri independen. Namun, Nurdin kini ditetapkan tersangka oleh KPK.

"Perkumpulan BHACA sangat terkejut dan menyesalkan perkembangan yang terjadi. Apabila di kemudian hari terbukti telah terjadi penyelewengan/pengkhianatan nilai-nilai di atas, maka kebijakan BHACA adalah me-review kembali penganugerahan tersebut," imbuh Shanti.

Pengurus BHACA menyatakan menghormati serta akan terus mengikuti proses hukum yang berjalan dan mendukung KPK dalam memberantas korupsi.

Sebelumnya, Nurdin ditangkap komisi antirasuah pada akhir pekan lalu. KPK menangkapnya lantaran diduga menerima suap dari pengusaha terkait proyek di Sulawesi Selatan.(OL-4)

Baca Juga

Medcom/M Rizal

KPK: Masih Banyak Pengusaha Bandel Lakukan Suap

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Minggu 18 April 2021, 08:22 WIB
KPK sudah menangani 1.071 perkara pada 2004 sampai 2020. Dari total itu, sebanyak 704 perkara merupakan kasus...
ANTARA/M Risyal Hidayat

KPK Kebut Pengusutan Korupsi di Ditjen Pajak

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Minggu 18 April 2021, 07:08 WIB
Kasus ini sudah masuk ke tahap penyidikan. KPK juga sudah menetapkan tersangka dalam kasus...
DOK BAKAMLA

Bakamla Peringatkan Kapal Yunani yang Mondar-mandir di ALKI III

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 18 April 2021, 07:02 WIB
Puskodal Bakamla RI menggiring dan mengawasi kapal itu hingga keluar dari Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) III dan memastikannya masuk...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya