Minggu 28 Februari 2021, 13:31 WIB

DPR Dukung Penguatan Kerja Sama AIPA – Parlemen Norwegia

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
DPR Dukung Penguatan Kerja Sama AIPA – Parlemen Norwegia

Ist/DPR
Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon, saat menghadiri ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) dengan Parlemen Norwegia (Storting).

 

PANDEMI Covid-19 yang melanda berbagai negara di seluruh dunia saat ini menjadi pengingat bahwa kerja sama internasional yang berlandaskan pada prinsip kolaborasi dan solidaritas sangat diperlukan.

Dalam merespon berbagai tantangan global maupun regional, ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) dengan Parlemen Norwegia (Storting) mengadakan pertemuan bertajuk AIPA-Norwegian Parliament Introductory Meeting.

Pertemuan yang digelar secara daring pada Jumat (26/2) itu dihadiri Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon, serta perwakilan masing-masing parlemen Anggota AIPA, dan perwakilan Parlemen Norwegia (Storting) yang dipimpin oleh H.E. Elin Adgestein selaku Head of Asia Delegation.

Pertemuan ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama antara parlemen AIPA dengan Parlemen Norwegia (Storting) dalam merespon berbagai tantangan yang menjadi perhatian bersama kedua wilayah, yakni seputar pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs), kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, demokrasi, peran parlemen dalam merespon pandemi Covid-19 dan imbasnya terhadap kehidupan masyarakat, dan upaya anti korupsi.

Parlemen Norwegia (Storting) yang baru saja mendapatkan status sebagai Observer pada organisasi AIPA berharap bahwa pertemuan yang baru pertama kali dilakukan ini dapat mendorong kerja sama strategis yang berlandaskan prinsip mutual understanding antara AIPA dan Parlemen Norwegia (Storting), utamanya dalam topik kemaritiman, green house gases, dan upaya penguatan kolaborasi dalam kerangka regional. Fadli menegaskan, Norwegia adalah salah satu partner utama bagi Indonesia.

“Kerja sama bilateral yang telah terbangun selama ini dalam berbagai sektor dan melibatkan berbagai stakeholders menegaskan komitmen kedua negara yang menjunjung tinggi prinsip saling menghormati dan saling menguntungkan, salah satunya melalui kerja sama mengurangi emisi gas rumah kaca. Saya berharap, melalui keterlibatan Norwegia pada framework kerja sama regional AIPA, kita akan mampu menghadapi berbagai tantangan global maupun regional bersama-sama,” harap Fadli Zon dalam sambutannya.

Selaras dengan visi ASEAN 2025, “Melangkah Maju Bersama (Forging Ahead Together)maka diharapkan kerja sama yang dibangun antara parlemen negara-negara ASEAN yang tergabung dalam AIPA dengan berbagai negara observer seperti Norwegia ini dapat memberi manfaat positif bagi seluruh pihak yang terlibat, utamanya dalam mencapai SDGs yang merupakan prioritas seluruh negara di berbagai belahan dunia saat ini.

Selain itu, selaku Presiden Southeast Asian Parliamentarians against Corruption (SEAPAC), Fadli Zon berharap AIPA dan Parlemen Norwegia (Storting) dapat melakukan lebih banyak dialog dan meningkatkan kerja sama strategis untuk mendukung keterbukaan dan transparansi sebagai salah satu upaya dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi. (RO/OL-09)

Baca Juga

ANTARA

Jokowi Minta Jangan Tergesa-Gesa Bahas Capres 2024

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 19:54 WIB
Jokowi menyinggung berbagai persoalan bangsa, antara lain, persoalan energi, pangan, dan situasi geopolitik...
MI/Vicky Gustiawan

24 Tahun Demokrasi, Aspek Politik, Sosial dan Hukum Masih Lemah

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 19:17 WIB
Meskipun telah menghasilkan kemajuan di bidang politik dan ekonomi, tetapi masih ada kekurangan yakni krisis politik, hukum, dan...
ANTARA FOTO/Novrian Arbi

DPR Mengkaji Penggunaan Kotak Suara dari Kardus

👤 Sri Utami 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 17:30 WIB
Wakil Ketua DPR  RI Sufmi Dasco Ahmad meminta Komisi II DPR untuk mengkajinya karena terkait dengan kerentanan kerusakan kertas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya