Rabu 06 Januari 2021, 16:20 WIB

Densus 88 Bekuk 18 Teroris, 1 Alami Luka Tembak

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
Densus 88 Bekuk 18 Teroris, 1 Alami Luka Tembak

Dok.MI
Ilustrasi

 

DETASEMEN Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri membekuk 20 teroris yang terafiliasi dengan kelompok Negara Islam (ISIS) di wilayah Makassar, Sulawesi Selatan.

Dari 20 teroris yang diamankan, petugas menembak mati dua tersangka lantaran melawan dengan menggunakan senjata tajam dan senapan angin saat hendak ditangkap.

Kabag Penum Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan, menyebut teroris lainnya,yakni sebanyak 17 orang yang berhasil diamankan. Adapula 1 orang tersangka yang mengalami luka tembakan.

"Tersangka I (34) saat ini dibawa dan dirawat di RS Bhayangkara, sementara 2 orang meninggal dunia karena pada saat penangkakan keduanya melakukan perlawanan," ucap Ahmad di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (6/1).

Baca juga: Densus 88 Tembak Mati Teroris Terafiliasi ISIS di Makassar

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Inspektur Jenderal Argo Yuwono menjelaskan bahwa dua tersangka yang ditembak mati oleh petugas juga terlibat dalam insiden bom bunuh diri gereja di Jolo, Filipina pada 2019 silam.

"Iya benar, telah dilakukan upaya hukum atau penangkapan terhadap jaringan teror," papar Argo saat dikonfirmasi, Rabu (7/1).

Argo menuturkan, keduanya terlibat dalam pengiriman dana kepada pelaku bom bunuh diri di gereja Katedral, Jolo, Filipina.

Adapun kedua teroris yang tewas ditembak oleh petugas, yakni  Moh Rizaldy (46) dan Sanjai Ajis (23). Keduanya merupakan warga Kota Makassar.

Kedua tersangka, lanjut Argo, merupakan anggota dari jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) di wilayah itu. Mereka sudah menyatakan baiat atau kilafat pada 2015 di Pondok Pesantren Aridho yang dipimpin oleh Ustaz Basri. Mereka juga sempat terbang ke Suriah pada 2016 lalu. (OL-4)

Baca Juga

Antara

Kuasa Hukum: Ada Motif Bisnis dan Politik di Balik Kasus Bendum PBNU

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 11:22 WIB
Irfan menegaskan, Mardani tidak pernah menerima aliran dana seperti yang disebutkan saksi Christian...
dok.ist

PT TGM Minta PT KMI Tinggalkan Areal Tambang Miliknya di Kalteng

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 08:10 WIB
KUASA hukum PT Tuah Globe Mining  (TGM) melayangkan somasi kepada PT Kutama Mining Indonesia (KMI), untuk meninggalkan dan...
Dok Kemendagri

Ditjen Bina Keuda Kemendagri Pacu Pegawai Tingkatkan Kualitas Diri dan Kinerja Pelayanan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 15 Mei 2022, 23:10 WIB
Idul Fitri merupakan salah satu momentum untuk menguatkan kapasitas diri dan meningkatkan kinerja...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya