Kamis 10 Desember 2020, 11:05 WIB

Pemerintah Berkomitmen Tuntaskan Persoalan HAM di Masa Lalu

Andhika prasetyo | Politik dan Hukum
Pemerintah Berkomitmen Tuntaskan Persoalan HAM di Masa Lalu

Dok. Setpres
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo menekankan pemerintah tidak pernah berhenti menuntaskan persoalan-persoalan hak asasi manusia (HAM) yang terjadi di masa lalu.

Secara khusus, kepala negara telah menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD untuk menyelesaikan semua masalah-masalah yang ada secara bijaksana sehingga dapat diterima seluruh pihak.

"Pemerintah tidak pernah berhenti menuntaskan masalah HAM secara bijak dan bermartabat. Kita harus bekerja sama menyelesaikannya dan mencurahkan energi untuk kemajuan bangsa," ujar Jokowi dalam acara peringatan Hari HAM Sedunia, Kamis (10/12).

Baca juga : Masyarakat Diminta Waspadai Direktur Penyelidikan KPK Gadungan

Bagi Jokowi, penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan HAM merupakan pilar penting dalam menjalankan sebuah negara. Oleh karena itu, pemerintah pun telah mencanangkan rencana aksi nasional HAM 2020-2025.

Di dalam rencana aksi tersebut, hak sipil, hak politik, hak ekonomi dan sosial serta budaya akan dilindungi secara berimbang sehingga tidak ada satu pun yang terabaikan.

Ia pun berterima kasih kepada Komnas HAM dan seluruh pegiat HAM di Tanah Air yang tidak pernah lelah membantu pemerintah dan secara aktif meningkatkan kesadaran akan HAM di masyarakat.

"Mari kita semua berperan aktif untuk menghirmati hak-hak pihak lain. Kita harus menjadi penanggung jawab atas terpenuhinya hak-hak pihak lain. Dengan meningkatkan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan HAM, kita akan menjadi bangsa yang lebih beradab, tangguh dan maju," tandasnya.(P-5)

Baca Juga

Ist/DPR

Puan: Publik Menunggu Penuntasan Kasus Penembakan Brigadir J Secara Transparan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 08:37 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani juga mengingatkan agar kasus pembunuhan ini diselesaikan secara...
MI/Adam Dwi

Airlangga, Zulkifli Hingga Suharso Monoarfa Daftar Bersama ke KPU

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 07:40 WIB
PARA Ketua Umum Partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) mendatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI...
ANTARA/M Risyal Hidayat

Kabareskrim Kecam Kuasa Hukum yang Klaim Berhasil Buat Bharada E Mengaku

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 06:31 WIB
"Bukan karena pengacara itu, dia (Bharada E) mengaku, tapi karena apa yang dilakukan penyidik, apa yang dilakukan tim...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya