Kamis 10 Desember 2020, 02:35 WIB

Pilkada di Yahukimo dan Yalimo Disarankan Pemungutan Susulan

Indriyani Astuti | Politik dan Hukum
Pilkada di Yahukimo dan Yalimo Disarankan Pemungutan Susulan

ANTARA FOTO/Rico Siregar
Warga pedalaman memasukan kertas suara ke noken (kantong).

 

KOMISIONER Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan ada kendala distribusi logistik di dua kabupaten di Papua, yakni Yalimo dan Yahukimo. Akibat keterlambatann itu, Pramono menyatakan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di dua wilayah itu diusulkan untuk digelar susulan.

Menurut Pramono, Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua, ada kendala distribusi logistik di satu distrik karena ada aksi pengepungan oleh massa yang menolak distribusi logistik dan menginginkan pilkada dengan noken.

“Masyarakat ingin pilkada dengan noken, tapi pada aturannya di distrik itu harus melalui surat suara. Direncanakan akan pilkada susulan,” ucap Pramono saat konferensi media di ICE BSD, Tangerang, kemarin.

Sementara itu, untuk di Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua, imbuh Pramono, baru 21 distrik yang logistiknya terdistribusi. Sementara itu, masih ada 8 distrik lain yang distribusi logistiknya tidak bisa dikejar hingga hari pemungutan suara.

Ia mengatakan jajaran KPU di Yahukimo dan Provinsi Papua masih menunggu rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua untuk diputuskan akan dilakukan pilkada susulan atau tidak.

“Di Yahukimo dari 51 distrik, hanya 1 distrik dengan metode coblos menggunakan surat suara, 50 distrik lainnya menggunakan noken. Jadi distrik yang mengalami keterlambatan logistik pilkada ini menggunakan noken,” ucapnya.

Noken, tas khas tanah Papua sekaligus warisan budaya yang sudah diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia tak benda. Noken Papua biasa digunakan masyarakat untuk mengisi, menyimpan, dan membawa berbagai barang. Noken terbuat dari berbagai bahan serat pohon, kulit kayu, dan daun pandan, serta rumput rawa.

Pemilihan menggunakan sistem noken menjadi bagian penting dalam pelaksanaan pilkada Papua, khususnya untuk masyarakat Papua yang berasal dari daerah pegunungan. (Ind/P-5)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Kemendagri Dorong Sistem Kepartaian yang Lebih Sehat

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 16 Juni 2021, 17:06 WIB
Pasalnya, sebagaimana amanat Undang-Undang, partai politik mengemban fungsi yang penting bagi kehidupan...
MI/Fransisco Carolio

Polisi bakal Periksa Oknum Pemda dalam Buku Pemasok Senpi

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 16 Juni 2021, 16:49 WIB
Sebelumnya, Satgas Nemangkawi menemukan buku catatan bantuan uang tunai dari Pemda Puncak sebesar Rp600 juta, untuk pimpinan...
dok.FKMTI

Dukung Berantas Mafia, Relawan Jokowi Siap Adu Data Kepemilikan Tanah

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 16 Juni 2021, 16:44 WIB
RELAWAN Jokowi siap mendukung Presiden dan Kapolri untuk memberantas mafia tanah. Mereka siap adu data kepemilikan tanah secara...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Orang Rimba masih Berjuang untuk Diakui

MATA Mariau tampak berkaca-kaca kala menceritakan perihnya derita kehidupan anggota kelompoknya yang biasa disebut orang rimba.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya