Selasa 10 November 2020, 19:12 WIB

80 Persen Wilayah Sumsel Masuki Musim Hujan

Dwi Apriani | Politik dan Hukum
80 Persen Wilayah Sumsel Masuki Musim Hujan

ANTARA
Ilustrasi

 

STASIUN Badan Meterorologi, Klimatologi dan Geofisika Bandara (BMKG) menjelaskan 80 persen dari seluruh wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) telah memasuki musim penghujan. Hal ini dikatakan Desindra Deddy Kurniawan selaku kepala Stasiun Meteorologi kelas II Bandara SMB II Palembang.

Desindra menjelaskan, mulai Oktober lalu Sumsel sudah memasuki musim penghujan dan hingga saat ini 80 persen wilayah Sumael sudah memasuki musim penghujan. "Sekitar 80 persen wilayah Sumsel sudah masuk musim penghujan," ungkapnya, Selasa (10/11)

Ia menjelaskan, faktor fenomena La Nina yang saat ini terjadi menjadi faktor utama menguatnya curah hujan di Pulau Sumatera meskipun pengaruh lebih besar terjadi di Indonesia Tengah dan Timur. "La Nina yang terjadi di Samudra Pasifik diprediksi mengakibatkan anomali cuaca berupa peningkatan curah hujan yang terjadi di tanah air," kata dia.

Diakuinya, BMKG telah memprediksi jika L Nina akan menguat pada akhir 2020 hingga awal 2021. "Sedangkan di Sumsel itu hal itu akan terjadi sekitar Desember 2020 hingga April 2021," terangnya.

Ditambahkan Desindra, fenomena  La Nina bisa menyebabkan curah hujan lebih besar 40 Persen dari curah hujan biasanya. "Ini yang harus kita waspadai, dari Desember 2020 nanti hujan lebat akan mengguyur Sumsel hingga puncaknya pada Januari, Februari dan Maret nanti," pungkasnya.

Baca Juga

Antara

DPR Sebut KPK tidak Bisa Asal Pecat Pegawai

👤Putra Ananda 🕔Jumat 14 Mei 2021, 17:14 WIB
Komisi III DPR RI akan menggelar rapat dengar pendapat dengan pimpinan KPK, untuk memperjelas status 75 pegawai yang gagal tes...
MI/Apul Iskandar

Sebabkan Banjir, Anggota DPR RI Minta Illegal Logging Diberantas

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 14 Mei 2021, 16:29 WIB
Ia mendesak Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Menteri LHK) Siti Nurbaya Bakar untuk segera turun langsung memberantas illegal...
AFP

DPR Dorong Pemerintah Terjunkan Pasukan Perdamaian ke Palestina

👤Putra Ananda 🕔Jumat 14 Mei 2021, 16:11 WIB
Sukamta berharap pemerintah RI untuk sekuat tenaga bisa mendorong PBB menerjunkan pasukan perdamaian untuk mencegah terjadinya konflik yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya