Minggu 13 September 2020, 02:59 WIB

Beras Bansos PKH Berkualitas Baik

Aiw/Ant/E-1 | Politik dan Hukum
Beras Bansos PKH Berkualitas Baik

ANTARA/IRSAN MULYADI
Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melihat karung berisi beras saat meninjau gudang beras Bulog

 

MENTERI Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memastikan bahwa kualitas beras yang akan dibagikan kepada masyarakat telah sesuai dengan standar yang ditetapkan.

‘Sudah kita cek bersama kualitasnya secara random dan menurut saya sudah memadai kualifikasi kualitas beras medium dan beratnya juga tadi sudah kita coba beberapa sampel dan memenuhi syarat rata-rata di atas 15 kg,’ ujar Muhadjir dalam pernyataan tertulis, kemarin.

Sebagaimana diketahui, program bantuan sosial (bansos) pemerintah untuk keluarga penerima manfaat (KPM) program keluarga harapan (PKH) berupa beras akan segera dilaksanakan. Hal tersebut sebagai wujud komitmen pemerintah dalam membantu masyarakat, terutama bagi yang terdampak covid-19.

Bantuan beras akan dibagikan untuk tiga bulan alokasi. Secara teknis, pembagian bantuan beras akan dibagikan bertahap setiap bulan dengan total jumlah penerima manfaat sebanyak 10 juta KPM-PKH.

Namun, Muhadjir menjelaskan, karena banyak persiapan yang harus dilakukan, pada tahap awal penyaluran dilakukan dua bulan alokasi sekaligus.

Bansos tahap I akan mulai di salurkan pada September dengan setiap penerima mendapatkan beras seberat 30 kg (dua bulan) dan tahap II akan di distribusikan pada Oktober.

“Perlu dipahami ini bukan untuk mengganti bansos yang sudah ada. Bantuan program reguler PKH tetap diberikan dan ini ditambah dengan bantuan beras. Intinya kita ingin menjamin bahan pokok, terutama beras untuk KPM-PKH bisa tercukupi,” tuturnya.

Kepala Bulog Sumut Arwakhudin Widiarso menyebutkan stok beras Bulog cukup aman memenuhi kebutuhan PKH yang sebesar 20.400 ton untuk tiga bulan jatah 45.500 KPM-PKH di Sumut.

“Stok beras Bulog Sumut ada 38.000 ton, jadi untuk alokasi PKH Sumut 20.400 ton cukup aman,” katanya yang didampingi Kepala Bulog Cabang Medan, Rudi.

Sebelumnya, Dirjen Pemberdayaan Sosial Edi Suharto menjelaskan Kementerian Sosial bertanggung jawab untuk memastikan kualitas berasnya baik dan layak konsumsi. “Kita memastikan kualitas berasnya sehingga tidak ada beras yang lama dan rusak,” ujarnya.

Kemensos berharap dengan adanya pembagian beras berkualitas baik akan meningkatkan kualitas gizi masyarakat sehingga benar-benar memberi kontribusi nyata dalam penurunan angka kekerdilan. (Aiw/Ant/E-1)

Baca Juga

Dok. Priibadi

Perpres RAN-PE Bukti Komitmen Pemerintah Atasi Ekstremisme

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Kamis 21 Januari 2021, 00:03 WIB
Ditegaskan Christina, persoalan ekstremisme sudah menjadi permasalahan seluruh elemen bangsa dan bukan hanya...
Antara

Lemkapi: Program Presisi Listyo Cocok dengan Kondisi Indonesia

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:40 WIB
Edi pun meminta kepada calon Kapolri agar memperkuat peranan Polsek agar dapat diandalkan menjadi ujung tombak dalam pelayanan kepada...
Antara

KPK Kembangkan Suap Bansos yang Jerat Juliari

👤Ant 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:17 WIB
"Kita cari karena di program bansos itu banyak sekali bukan hanya difabel, PKH, dan lain-lain," kata Deputi Penindakan dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya