Selasa 25 Agustus 2020, 16:01 WIB

Apkasi Otonomi Expo 2020 Dibatalkan, Diganti 5-7 Juli 2021 di JCC

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Apkasi Otonomi Expo 2020 Dibatalkan, Diganti 5-7 Juli 2021 di JCC

Ist
Presiden Joko Widodo meninjau stand Pemerintah Kabupaten Bantaeng, Sulsel. di ajang kegiatan pameran tahunan Apkasi Otonomi 2019.

 

PERHELATAN akbar tahunan sebagai ajang promosi potensi dan investasi unggulan bertajuk Apkasi Otonomi Expo 2020 (AOE2020) yang sedianya akan digelar akhir tahun ini dinyatakan batal dengan alasan Pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), Najmul Akhyar dalam pernyataan tertulis di Jakarta, Selasa (25/8).

Najmul Akhyar selaku Ketua Penyelenggara AOE2020 yang juga Bupati Lombok Utara ini pun menjelaskan bahwa kondisi di tanah air, khususnya di Jakarta sebagai tempat penyelenggaraan AOE2020 saat ini masih sangat riskan untuk dijadikan tempat berkumpulnya banyak orang yang bisa mengundang klaster baru penyebaran Covid-19. 

“Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, kegiatan pameran Apkasi Otonomi Expo dikunjungi oleh sekitar 10.000 orang selama 3 hari kegiatan berlangsung. Tentu jumlah ini sangat banyak dan dalam situasi seperti sekarang ini, alangkah bijaknya jika kegiatan AOE2020 dibatalkan untuk mendukung upaya serius pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid19,” imbuhnya. 

Atas pembatalan ini, Najmul mewakili panitia penyelenggara dan Dewan Pengurus Apkasi menghaturkan permohonan maaf kepada para pihak yang terlibat secara langsung baik peserta pameran dari pemerintah kabupaten/kota, kementerian, lembaga, perusahaan BUMN/swasta, UMKM, pengelola gedung, para mitra kerja, media partner baik media cetak dan online serta kepada khalayak masyarakat luas yang menantikan kegiatan pameran tahunan ini. 

“Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas pembatalan kegiatan AOE2020 ini. Kami juga memohon pengertiannya kepada semua pihak karena musibah pandemi Covid19 ini sungguh tak terduga yang menyebabkan semua lini menjadi lumpuh. Seraya kita terus berdo’a agar Allah SWT segera mengangkat pandemi Covid19 ini dari tanah air dan perekonomian lekas pulih kembali,” kata Najmul.

Dengan terpuruknya perekonomian daerah akibat pandemi Covid-19 di tahun ini, lanjut Najmul, maka Apkasi sebagai wadah kerjasama antar kabupaten seluruh Indonesia memiliki kewajiban moral untuk mengajak bangkit bersama guna menggerakkan dan memulihkan sendi-sendi perekonomian melalui ajang promosi produk-produk dan investasi unggulan daerah pada Apkasi Otonomi Expo 2021 (AOE2021).

“Kita berharap tahun depan kondisinya sudah membaik dan memungkinkan untuk digelarnya event Apkasi Otonomi Expo 2021. Kegiatan ini insya Allah akan diselenggarakan pada 5-7 Juli 2021 bertempat di Hall A&B Balai Sidang Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta dan akan menjadi even yang lebih transaksional dengan menghadirkan para buyer dan investor potensial,” tuturnya sambil mengimbau pemerintah kabupaten sudah bisa mulai menganggarkan kegiatan AOE2021 melalui proses APBD. 

Najmul menambahkan, “Rangkaian kegiatan Apkasi Otonomi Expo 2021 juga akan lebih mengarah kepada ajang business matching yang tematik, sehingga para peserta dengan leluasa dapat menawarkan produk-produk dan investasi unggulan masing-masing."

"Apkasi akan serius memfasilitasi kepentingan daerah khususnya dalam mempromosikan semua potensi yang ada kepada buyer dan investor baik dari dalam maupun luar negeri. Kita harus tetap optimis menyongsong tahun depan dan secara bersama-sama untuk bangkit dan memulihkan perekonomian di daerah,” tukasnya. (RO/OL-09)

 

Baca Juga

Dok.MI

Densus 88 Tangkap Dua PNS yang Diduga Teroris di Aceh

👤Antara 🕔Jumat 22 Januari 2021, 21:39 WIB
Winardy mengatakan bahwa terduga berinisial SB alias AF merupakan pegawai negeri...
MI/Susanto

Kasus Asabri, Kejagung Fokus Pengamanan Aset

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 22 Januari 2021, 20:59 WIB
Kejagung bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) masih menghitung kerugian negara yang ditimbulkan dari kasus...
Ilustrasi

Perpres RAN-PE Dinilai Berpotensi Timbulkan Persekusi

👤Emir Chairullah 🕔Jumat 22 Januari 2021, 20:55 WIB
Tidak jelasnya definisi maupun kriteria ekstremisme yang ada dalam aturan tersebut berpotensi menimbulkan aksi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya