Selasa 21 Juli 2020, 17:08 WIB

Dua Minggu Usai Pengacara Foto Bareng Ketua MA, Joker Daftar PK

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Dua Minggu Usai Pengacara Foto Bareng Ketua MA, Joker Daftar PK

Twitter
Ketua Mahkamah Agung Muhammad Syarifuddin (dua dari kiri).

 

MAHKAMAH Agung (MA) membantah tudingan adanya kedekatan Ketua MA Muhammad Syarifuddin dengan buronan kasus hak tagih (cessie) Bank Bali Joko Tjandra alias Djoko S Tjandra. Tudingan itu muncul dan menjadi sorotan lantaran beredarnya foto Syarifuddin bersama pengacara Joko yakni Anita Kolopaking.

Juru Bicara MA Andi Samsan Nganro tidak menampik soal kebenaran foto tersebut. Ia menjelaskan foto Ketua MA dan pengacara Joko Tjandra itu diambil saat perayaan Idul Fitri beberapa waktu lalu.

Idul Fitri jatuh pada 24 Mei 2020 sedangkan Joko Tjandra daftar PK ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 8 Juni 2020 atau sekitar dua minggu pasca-pengacara Anita Kolopaking berfoto bersama ketua MA.

Baca juga: KAKI Laporkan Kuasa Hukum Djoko Tjandra dan Ketua PN Jaksel

"Foto Pak Ketua MA dan Ibu Anita Kolopaking beserta suaminya itu berfoto di rumah kediaman beliau (Syarifuddin) pada saat Hari Raya Idul Fitri beberapa bulan lalu. Saat itu karena tamu-tamu lain yang hadir minta Pak Ketua untuk berfoto, maka Ibu Anita dan suaminya juga nimbrung berfoto dengan Ketua MA dan isteri," ucap Andi saat dihubungi di Jakarta, Selasa (21/7).

Meski membenarkan soal foto itu, Andi menampik tudingan adanya kedekatan Syarifuddin dengan Anita Kolopaking. Terlebih lagi, ia juga membantah adanya tuduhan kedekatan dengan Joko Tjandra. Tudingan-tudingan yang berkembang disebut sebagai penggiringan opini.

"Berfoto bersama dalam suasana lebaran seperti itu biasa lah, tidak ada maksud dan tujuan apa-apa," ujar Andi.

Joko Tjandra kini tengah menempuh upaya Peninjauan Kembali (PK) atas kasusnya. Ia divonis dua tahun penjara lantaran melakukan tindak pidana korupsi dalam kasus Bank Bali.

Baca juga: Sakti! Buronan Djoko Tjandra Daftarkan PK Tanpa Tertangkap

Pria yang dijuluki Joker itu kemudian mendaftarkan PK pada 8 Juni lalu. Kehadirannya secara langsung untuk mengurus pengajuan PK menghebohkan publik lantaran ia masih berstatus buron. Adapun sidang PK Joko sudah berjalan di Pengadilan Jakarta Selatan.

Ia sudah dipanggil pengadilan tiga kali untuk hadir dalam persidangan namun tidak menghadirinya.

Untuk diketahui, Joko Tjandra sempat berada di Indonesia guna bertemu salah seorang kuasa hukumnya bernama Andi Putra. Buronan kasus korupsi itu bahkan mendaftarkan langsung pendaftaran peninjauan kembali (PK) ke Pengadilan Jakarta Selatan.

"Saya hanya mengetahui beliau ada di Indonesia pada saat beliau pendaftaran PK pada 8 Juni. Di mana PK tersebut didaftarkan sendiri oleh Pak Djoko Tjandra di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan," kata Andi di kantornya di Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (1/7). (Dhk/A-3)

Baca Juga

Dok.Antara

Muncul Dugaan Legislator Terima Uang dari Sambo, DPR: Diragukan

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 16:21 WIB
Kasus pembunuhan itu terjadi pada masa reses anggota DPR. Masa reses itu juga membuat legislator belum bisa berkomentar terkait dengan...
Metro TV

Istri Ferdy Sambo Diminta Rekrut Psikiater Jika Benar Depresi

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 16:11 WIB
“Kalau cuma alasan terguncang, ganti jadi psikiater karena lebih hebat dan lebih luas jangkauannya. Daripada berpura-pura...
ANTARA FOTO/Reno Esnir

Kejagung Fasilitiasi KPK Periksa Surya Darmadi di Gedung Bundar

👤tri subarkah 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 15:57 WIB
Burhanuddin menjelaskan, penyidik Kejagung telah berkoordinasi dan berkomunikasi dengan penyidik KPK terkait pemeriksaan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya