Jumat 10 Juli 2020, 14:40 WIB

Ketua MPR Minta Pemerintah Terapkan Lagi PSBB Transisi

Ketua MPR Minta Pemerintah Terapkan Lagi PSBB Transisi

MI/PANCA SYURKANI
Ketua MPR Bambang Soesatyo

 

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong pemerintah lewat Tim Gugus Tugas Covid-19 melakukan pencegahan dan pengendalian pandemik dengan menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi.
  
Bambang Soesatyo dalam keterangan persnya yang diterima di Jakarta, Jumat, memberikan respon tersebut, karena Presiden Jokowi menyatakan lonjakan kasus covid-19, Kamis (9/7) sebesar 2.657 kasus merupakan sinyal bahaya yang harus ditindaklanjuti.
  
"Mendorong pemerintah bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 segera menindaklanjuti lonjakan kasus tersebut dengan meningkatkan kewaspadaan terutama di tempat pusat penyebaran seperti, pasar tradisional, stasiun kereta, dan di angkutan umum, guna mencegah dan mengendalikan covid-19 dengan menerapkan kembali sekaligus PSBB transisi di setiap daerah," kata dia.
  
PSBB transisi, kata pria yang akrab disapa Bamsoet itu, khususnya diberlakukan di daerah yang memiliki lonjakan kasus covid-19 seperti Jawa Timur, Jawa Barat, dan DKI Jakarta.
  
Bamsoet juga mendorong pemerintah dan Tim Gugus Tugas Covid-19 baik pusat maupun daerah bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk meningkatkan pengawasan dari pelaksanaan protokol kesehatan, terutama di area publik.
  
Pengawasan protokol kesehatan itu perlu disertai sanksi tegas bagi masyarakat yang tidak mematuhinya, sebagai upaya mendisiplinkan masyarakat, mengingat penambahan kasus itu disebabkan kurang disiplinnya masyarakat.
  
Baca juga : Palestina Diminta Bercermin dari Sejarah Indonesia

Pemerintah sebaiknya juga segera melakukan pembatasan kembali aktivitas sosial ekonomi, terutama kegiatan yang menyebabkan kerumunan massa dan klaster-klaster yang menyebabkan lonjakan kasus covid-19 sebagai upaya dalam menekan kasus baru di Indonesia.
  
Ketua MPR RI juga mengingatkan masyarakat agar memahami kondisi saat ini dan benar-benar patuh menjalankan protokol kesehatan pencegahan covid-19.
  
"Dengan cara disiplin menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, mengingat cara tersebut merupakan langkah yang paling efektif untuk melindungi diri dari penularan covid-19," ujarnya. (P-5)

Baca Juga

Dok MI

Polisi Soal Kesehatan Rizieq: Dia Sehat Kok

👤Ant 🕔Senin 25 Januari 2021, 23:55 WIB
"Kalau ada isu sakit keras, itu bohong. Kondisi MRS sekarang sehat walafiat dan senantiasa mendapat pelayanan yang...
Antara

Komisaris RSU Kasih Bunda Segera Disidang di Pengadilan Tipikor

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 25 Januari 2021, 23:35 WIB
Hutama diduga telah memberi suap kepada Ajay sebesar Rp1,661 miliar dalam lima tahap dari total kesepakatan Rp3,2...
AFP

Polisi: Rizieq Shihab Sehat di Bareskrim

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Januari 2021, 23:30 WIB
Sebelumnya, Rizieq pada Kamis 14 Januari 2020 dipindahkan dari Rutan Polda Metro Jaya ke Rutan Bareskrim lantaran jumlah penghuni Rutan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya