Kamis 18 Juni 2020, 21:01 WIB

PDIP Anggap Partai Lain Lepas Tangan Soal RUU HIP

Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum
PDIP Anggap Partai Lain Lepas Tangan Soal RUU HIP

Antara
Ilustrasi

 

PDIP sebagai pengusul RUU HIP merasa heran dengan sikap partai-partai lain di DPR yang menjadi sangat vokal menolak RUU HIP. Padahal sebelumnya tak ada partai yang menolak atau mengkritik lantang mengenai RUU HIP

Menurut Anggota DPR Fraksi PDIP, Aria Bima RUU HIP merupakan RUU inisiatif DPR yang proses merancangnya berawal dari kesepakatan fraksi-fraksi di Badan Legislasi (Baleg). RUU tersebut juga sudah dibawa ke rapat paripurna untuk disahkan maju sebagai RUU.

"Ini kan lucu dari proses di Baleg pandangan dari masing-masing poksinya sudah memberikan pandangan-pandangan setujui dibawa ke rapur. Di rapur saya ikut hadir disini juga tidak ada yang memberikan catatan-catatan," ujar Aria, dalam rapat paripurna di gedung DPR, Jakarta, Kamis, (18/6).

Saat ini di tengah kontroversi yang berkembang di publik, partai-partai dianggap Aria seakan lepas tangan. Bahkan juga balik menyerang RUU HIP yang telah disepakati bersama tersebut.

Baca juga : 90 Menit Menegangkan Dua Kader PDIP di Kamar Hotel Singapura

"Seolah-olah kemudian di publik lepas tangan begitu saja dengan menyalahkan beberapa orang atau beberapa partai saja ini yang saya sangat sayangkan jangan begitu kalau itu sudah inisiatif DPR," ujar Aria.

Ia mengatakan, seharusnya kalau memang ingin diubah atau batalkan, partai-partai berkomunikasi dengan unsur pimpinan DPR. Proses anulir atau penundaan dapat dilakukan dengan sesuai mekanisme yang ada.

"Kalau toh akan kita anulir kita bahas kembali saya mohon pada pimpinan untuk kembalikan kepada proses jalannya persidangan bagaimana UU perlu dimatangkan kembali perlu dicermati lagi atau dibahas dengan mengundang semua yang keberatan dalam rapat dengar pendapat oleh Panja (panitia kerja) atau Pansus (panitia khusus) yang akan dibentuk," tuturnya.(OL-2)

 

Baca Juga

Antara

Di Balik Terbit Rencana Tersimpan Bencana

👤Muklis Effendi (Story Builder) 🕔Kamis 27 Januari 2022, 23:53 WIB
Publik baru terperangah kemudian marah ketika LSM Migrant Care menyebut bangunan itu sebagai kerangkeng manusia, tempat bagi perbudakan...
Antara

Buronan Pidsus Kejagung Berjumlah 247 Orang

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 27 Januari 2022, 23:03 WIB
Namun, Febrie tidak bisa memastikan berapa banyak jumlah buronan yang bersembunyi di...
ANTARA FOTO/Reno Esnir

PDIP: Arteria Dahlan Dahlan Sudah Diberi Sanksi Peringatan

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 27 Januari 2022, 20:29 WIB
Menurut Hasto, hal ini menjadi pelajaran bagi Arteria dan seluruh kader meskipun apa yang disampaikan Arteria dalam kapasitas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya