Kamis 18 Juni 2020, 09:22 WIB

Ketua DPD RI Dorong Perluasan Kerja Sama Ekonomi Indonesia-Iran

Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum
Ketua DPD RI Dorong Perluasan Kerja Sama Ekonomi Indonesia-Iran

DOK DPD RI
Ketua DPD RI AA La Nyalla M Mattalitti

 

KETUA DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mendorong pelaku dunia usaha Iran untuk memperluas kerjasama ekonomi dan bisnis dengan pelaku ekonomi Indonesia. Khususnya UMKM yang berada di semua daerah di Nusantara.

LaNyalla mengatakan bahwa sejauh ini hubungan kedua negara berlangsung baik. Seperti ditandai dengan peningkatan volume investasi dan perdagangan, meskipun Iran berada di bawah tekanan.

Ditambahkan LaNyalla, amat banyak komoditas pertanian Indonesia yang dihasilkan oleh pelaku UMKM namun belum banyak pabrik yang didirikan untuk memproses berbagai komoditas dimaksud.

’’Indonesia merupakan penghasil kakao terbesar di dunia, tetapi belum ada pabrik coklat di sini. Karena itu Iran sebagai negara investor peringkat 13 di Indonesia dapat masuk untuk mendirikan pabrik coklat dan pabrik lainnya untuk berbagai komoditas dimaksud. Peluang untuk itu masih terbuka lebar,’’ tutur LaNyalla, dalam siaran pers, Rabu, (17/6) malam.

Sementara itu, untuk lebih memperkenalkan komoditas pertanian dan agrobisnis kedua negara, LaNyalla mengusulkan agar diadakan pameran bersama antara pelaku bisnis kedua negara sehingga mereka dapat saling mengenal potensi masing-masing untuk meningkatkan volume perdagangan kedua negara.

Baca juga: Pelaku Usaha Harus Beradaptasi dengan Pandemi

Duta Besar Republik Islam Iran Mohammad Khoush Heikal Azad, mengungkapkan bahwa komoditas pertanian Indonesia seperti kopi untuk cappuccino dan kopi torabika dari Indonesia sangat cocok dengan selera masyarakat Iran.

“Karena itu sangat digemari di sana,” tutur Azad.

Azad mengatakan bahwa pemerintah Iran berterima kasih dengan usulan pameran yang diungkapkan LaNyalla dan akan menindaklanjuti.

“Sekarang masih ada covid-19, jadi kita punya dua opsi. Kita bisa melakukan pameran dagang Iran-Indonesia secara virtual dan jika pandemi covid-19 sudah berlalu maka kita bisa mengadakan pameran dagang secara fisik di kedua negara,” ujarnya. (A-2)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Mantan Anggota KPU RI Viryan Aziz Meninggal Dunia karena Sakit

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 06:46 WIB
Viryan meninggal pukul 01.40 WIB di Rumah Sakit Abdi Waluyo Jakarta, Sabtu...
MI/ Adam Dwi

Penyuap Eks Bupati Buru Selatan Diadili di PN Ambon

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Jumat 20 Mei 2022, 23:10 WIB
Dalam kasus ini KPK menetapkan tiga tersangka, yakni Tagop Sudarsono Soulisa, dan dua pihak swasta Johny Ryndard Kasman serta Ivana...
Antara

Irjen Napoleon Dipecat Usai Semua Kasus Inkrah

👤Siti Yona Hukmana 🕔Jumat 20 Mei 2022, 23:05 WIB
Gatot memastikan Divisi Propam Polri akan melakukan sidang kode etik terhadap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya