Kamis 26 Desember 2019, 19:40 WIB

Soal Wabup Nduga, Istana: Itu Ranah Mendagri

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Soal Wabup Nduga, Istana: Itu Ranah Mendagri

MI/RAMDANI
Fadjroel Rahman

 

PIHAK istana menyerahkan pengunduran diri Wakil Bupati Nduga Wentius Nimiangge ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Alasannya pembinaan dan proses administrasi kepala daerah merupakan ranah lembaga yang dipimpin Tito Karnavian.

"Jadi bisa ditanyakan langsung ke Mendagri, Pak Tito Karnavian atau Kapuspen Kemendagri," kata juru bicara presiden Fadjroel Rachman di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, (26/12).

Menurut dia, penanganan Wentius Nimiangge merupakan wilayah kerja Kemendagri. Hal itu pun sesuai arahan dari Menteri Sekretaris Negara Pratikno bahwa pengunduruan diri kepala daerah di luar tupoksi pihak istana.

"Kami sudah sampaikan ke bapak Mensesneg (Pratikno), dan arahan pak Mensesneg adalah hal-hal seperti ini disampaikan kepada ke Kementerian Dalam Negeri," ujarnya.

Ia mengatakan pembinaan eksekutif tingkat II merupakan tugas dan kewenangan gubernur kemudian berlanjut ke Kemendagri sehingga tidak berkaitan langsung dengan Presiden Jokowi atau pihak istana. "Karena terkait dengan pembinaan kepala daerah itu langsung dengan gubernur yang bersangkutan kemudian diinformasikan kepada ke Mendagri," pungkasnya.

Mengenai hal ini, Media Indonesia pun mengkonfirmasi keapda pihak Kemendagri. Namun Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar mengaku belum bisa memberikan penjelasan terkini menyangkut proses pengunduran diri Wentius.

Sebelumnya Kemendagri telah mengonfirmasi hal ini kepada Gubernur Papua Lukas Enembe. Tapi, Kemendagri belum mendapatkan jawaban terkait pengunduran diri Wentius.

Wentius mundur sebagai wakil bupati di hadapan ratusan masyarakat Nduga yang berkumpul di Bandara Kenyam, Senin, 23 Desember 2019. Wentius mengaku gagal menarik pasukan dari Nduga.

"Permintaan kami tidak direspons. Penembakan terhadap warga sipil terus terjadi," ujar Wentius.

Pada Minggu, 22 Desember 2019, Kodam XVII/Cenderawasih mengirim tim ke Distrik Kenyam, Nduga, untuk menyelidiki penembakan, Jumat, 20 Desember 2019. Insiden ini menewaskan warga, Hendrik Lokbere, yang sedang mengemudikan kendaraan. (OL-4)

Baca Juga

Antara/RenoEsnir

Gebrakan Jenderal Listyo Sigit Dinanti Publik

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 27 Januari 2021, 23:46 WIB
"Jangan sekadar jargon. Jadi, jangan hanya ganti kapolri, ganti jargon, tapi tidak ada implementasi. Pak Listyo harus menbuktikannya...
Antara

Kecam Rasialisme, Relawan Jokowi Dukung Penangkapan Ambroncius

👤Rudy P 🕔Rabu 27 Januari 2021, 23:22 WIB
"Sikap Ambroncius tidak mewakili sikap relawan jokowi dan juga tidak mewakili sikap Presiden Jokowi,"...
Antara/Reno Esnir

Kapolri Listyo Sanjung Kepemimpinan Idham Aziz

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 27 Januari 2021, 23:13 WIB
Listyo mengatakan pola kepemimpinan Jenderal Idham Azis selama menjadi Kapolri berjalan sangat baik. Bahkan, ia menilai sosok Idham Aziz...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya