Kamis 28 November 2019, 23:16 WIB

KPK Limpahkan Berkas Kasus Direktur Keuangan Angkasa Pura II

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
KPK Limpahkan Berkas Kasus Direktur Keuangan Angkasa Pura II

Antara/Nova Wahyudi
Mantan Direktur keuangan PT Angkasa Pura II Andra Y Agussalam

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi merampungkan penyidikan kasus suap pengadaan bagasi baggage handling system (BHS) dengan tersangka mantan Direktur Keuangan PT Angkasa Pura II Andra Y Agussalam.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan tim jaksa komisi telah melimpahkan berkas dan barang bukti ke pengadilan untuk disidangkan.

"Hari ini sudah dilakukan pelimpahan berkas perkara. Rencana sidang akan dilakukan di PN Jakarta Pusat," ucap Febri di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (28/11).

Sejauh ini, komisi sudah melakukan pemeriksaan terhadap 81 orang saksi dari berbagai unsur. Mulai dari Direktur Utama dan pejabat PT Angkasa Pura II, Direktur dan pejabat PT Angkasa Pura Propertindo, Direktur PT Industri Telekomunikasi Indonesia (PT Inti), dan sejumlah pihak swasta.

Baca juga : Pengamat: Papua Harus Merdeka dari Kemiskinan

Dalam perkara itu, komisi antirasuah telah menetapkan tiga tersangka. Selain Andra Y Agussalam, komisi juga menetapkan tersangka Dirut PT Inti Darman Mappangara dan staf PT Inti Taswin Nur.

KPK menduga tersangka Darman selaku Direktur Utama PT Inti bersama-sama dengan Taswin memberi suap kepada Andra untuk mengawal agar proyek BHS yang dikerjakan perusahaan plat merah tersebut.

Di persidangan dengan terdakwa Taswin, Andra disebut menerima suap sebesar US$71 ribu dan S$96.700. KPK menduga suap diberikan agar Andra mengarahkan penunjukan langsung PT Inti sebagai perusahaan yang akan mengerjakan baggage handling system enam bandara yang dikelola Angkasa Pura II. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Jaya Kusuma

Eggy Sudjana Diperiksa Sebagai Tersangka Makar Kamis Mendatang

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 02 Desember 2020, 08:52 WIB
Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Eggi Sudjana  akan diperiksa oleh Ditreskrimum Polda Metro Jaya  pada Kamis (3/12) sebagai...
ANTARA/Reno Esnir

Dua Petinggi KAMI Segera Disidang

👤Siti Yona Hukmana 🕔Rabu 02 Desember 2020, 08:51 WIB
Polisi menangkap Syahganda Nainggolan dan Jumhur Hidayat pada 13 Oktober lalu atas dugaan penyebaran hoaks terkait omnibus...
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/

Mahfud MD: Mereka Telah Mengganggu Ibu Saya

👤Siswantini Suryandari, Cahya Mulyana 🕔Rabu 02 Desember 2020, 06:57 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan kemarahannya dalam Twitter atas aksi sekelompok orang yang telah mendatangi rumahnya dan mengganggu...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya