Senin 18 November 2019, 16:49 WIB

Jokowi Timang Kepala Staf Isi Jabatan Wakil Panglima TNI

Akmal Fauzi | Politik dan Hukum
Jokowi Timang Kepala Staf Isi Jabatan Wakil Panglima TNI

Antara
Jabatan wakil panglima terakhir dijabat oleh Jenderal Fachrul Razi yang saat ini menjabat Menteri Agama

 

PRESIDEN Joko Widodo segera menunjuk wakil panglima TNI dalam waktu dekat. Saat ini presiden masih memproses nama-nama yang diusulkan.

Juru bicara presiden, Fadjroel Rachman mengatakan, presiden menerima sejumlah usulan nama yang akan mengisi wakil panglima TNI. Salah satunya, dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

“Semua jadi hak prerogatif presiden untuk memutuskan atau menerima usulan pihak berkaitan penentuan,” kata Fadjroel di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (18/11).

Pemerintah mengaktifkan kembali posisi Wakil Panglima TNI melalui Peraturan Presiden No. 66/2019 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia (TNI). Berdasarkan Perpres tersebut, jabatan wakil panglima TNI ditujukan untuk perwira tinggi dengan pangkat jenderal atau bintang empat.

Ada empat tugas wakil panglima, yaitu membantu pelaksanaan tugas harian panglima; memberikan saran kepada panglima terkait pelaksanaan kebijakan pertahanan negara, pengembangan postur TNI, pengembangan doktrin, strategi militer dan pembinaan kekuatan TNI serta penggunaan kekuatan TNI; melaksanakan tugas panglima apabila panglima berhalangan sementara dan/atau berhalangan tetap; dan melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh panglima.

Calon potensial untuk mengisi posisi Wakil Panglima TNI adalah para kepala staf di TNI yakni, Kepala Staf AD Jenderal Andika Perkasa, Kepala Staf AL Laksamana Ade Supandi, dan Kepala Staf AU Marsekal Yuyu Sutisna.

Jabatan wakil panglima terakhir dijabat oleh Jenderal Fachrul Razi yang saat ini menjabat Menteri Agama. Ia diberhentikan oleh Presiden Abdurrahman Wahid pada 2001 karena jabatan wakil panglima dihapus. Setelah itu, belum ada presiden yang mengembalikan wakil panglima dalam struktur organisasi TNI. (OL-8)

Baca Juga

ANTARA/M Agung Rajasa

Tidak Kunjung Tuntas, RUU Minol Dinilai Buat Bingung DPR

👤Fachr Audhia Hafiez 🕔Minggu 24 Januari 2021, 11:54 WIB
Lambannya pengesahan juga dilatarbelakangi penolakan sejumlah fraksi. Tercatat ada tiga fraksi yang menolak membahas RUU itu yakni PDI...
MI/Ardi Teristi

Komisi I DPR RI Minta KKB di Papua Jangan Dibiarkan Berlarut-larut

👤Ardi Teristi 🕔Minggu 24 Januari 2021, 11:13 WIB
ANGGOTA Komisi I DPR RI, Sukamta pun memberi saran TNI bisa menerjunkan Kopassus karena jumlah KKB tidak...
MI/Susanto

Sepanjang 2020, 65 Terpidana Korupsi Ajukan PK

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Minggu 24 Januari 2021, 11:00 WIB
Lebih anehnya lagi, kata Ali, banyak narapidana korupsi yang mengajukan PK setelah putusan sidang tingkat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya