Rabu 13 November 2019, 20:15 WIB

Demi Kemajuan Bangsa, Penegak Hukum Diminta Kedepankan Pencegahan

Thomas Harming Suwarta | Politik dan Hukum
Demi Kemajuan Bangsa, Penegak Hukum Diminta Kedepankan Pencegahan

Antara
PRESIDEN HADIRI RAKORNAS INDONESIA MAJU

 

PRESIDEN Jokowi kembali menegaskan harapannya agar hukum jangan dipakai untuk menakut-nakuti pengambil kebijakan. Hukum diharapkan menjadi sarana yang positif mendorong pembangunan dan karena itu harus digunakan ketika sebuah kebijakan sedang dalam perencanaan.

'Penegakan hukum tidak boleh membuat kita takut mengambil kebijakan dan berinovasi demi kemajuan bangsa. Justru harus didukung, tidak dicari-cari kesalahannya,' cuitnya melalui akun Twitter @jokowi, Rabu (13/11).

Baca juga: Rentan Kecelakaan, Skuter Listrik Diimbau Hanya Di Perumahan

Ia menambahkan: "Penegak hukum seharusnya mengawal dan mengingatkan para pengambil keputusan sejak awal pelaksanaan pekerjaan."

Sebelumnya saat Rapat Forkompida di Sentul hari ini, Jokowi mengingatkan aparat penegak hukum untuk mendahulukan tindakan preventif dalam mengatasi dugaan pelanggaran hukum. Jokowi meminta aparat penegak hukum tidak mencari-cari kesalahan.

"Saya titip kalau ada persoalan hukum dan itu sudah kelihatan di awal-awal, preventif dulu, diingatkan dulu. Jangan ditunggu kemudian peristiwa (korupsi) terjadi baru ditindak," ungkap Jokowi. (Thx/A-5)

Baca Juga

Ist/DPR

Komisi I DPR RI Setujui Pengangkatan Yudo Margono sebagai Panglima TNI

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 10:41 WIB
Komisi I DPR RI menyetujui pemberhentian Jenderal TNI Andika Perkasa dan Pengangkatan Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima...
Antara

Jelang Nataru, Satgas Pangan Polri Akan Tindak Spekulan

👤Tri Subarkah 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 10:00 WIB
Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) berupaya memastikan ketersediaan pangan di tengah masyarakat jelang...
Antara

Berkat Kinerjanya, Erick Thohir Masuk Empat Besar Cawapres

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 07:52 WIB
Meningkatnya elektabilitas Erick Tohor sebagai cawapres diapresiasi Leo Agustino, pengamat politik Universitas Sultan Ageng...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya