Rabu 13 November 2019, 20:00 WIB

Rentan Kecelakaan, Skuter Listrik Diimbau Hanya Di Perumahan

Tri Subarkah | Megapolitan
Rentan Kecelakaan, Skuter Listrik Diimbau Hanya Di Perumahan

MI/Adi Maulana Ibrahim
warga mengendarai skuter listrik

 

POLDA Metro Jaya melalui Direktorat Lalu Lintas mengimbau masyarakat mengendarai skuter listrik di aera perumahan. Pasalnya, hingga saat ini, belum jelas ihwal kategori kendaraan skuter listrik.

"Kita masih koordinasi terus dengan Kementerian Perhubungan apakah ini dikategorikan sebagai sepeda motor atau tidak. Kita masih membahas soal kendaraan bermotor listrik," terang Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar di Polda Metro Jaya, Rabu (13/11).

Pihaknya juga akan berkoordinsi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan pihak penyedia layanan terkait operasional skuter listrik. Pasalnya, belakangan ini banyak masyarakat yang gandrung menyewa kendaraan tersebut.

"Karena kami melihat sudah ada beberapa tempat yang dijadikan tempat penyewaan dari point to point. Nah ini juga yang perlu pemikiran dari pengelola, penyedia otopet listrik, untuk tidak menempatkan di tempat-tempat yang justru nanti menimbulkan dampak kecelakaan lalu lintas karena digunakan di jalan raya," papar Fahri.

Baca juga : Penabrak Pengguna Grabwheels Positif Konsumsi Alkohol

Fahri juga menyebut pengendara skuter listrik masuk sebagai vulnerable user group, atau kelompok rentan, seperti halnya pejalan kaki dan pesepeda.

"Misalkan kalau pejalan kaki ada fasilitas trotoar, kalau pesepeda disiapkan jalur sebelah kiri biasanya dikasi marka sepeda. Jadi memang karena itu vurnerable, memang dilindungi," sebutnya.

Regulasi yang jelas mengenai skuter listrik dirasa perlu, mengingat sudah terjadi kecelakaan yang memakan korban jiwa. Pada Minggu (10/11) dini hari, sebuah sedan menabrak pengendara skuter listrik hingga mengakibatkan dua nyawa melayang, yakni Ammar Nawwar Tri Darma, 18, dan Wisnu Chandra, 18.

Atas peristiwa itu, GrabWheels sebagai penyedia layanan skuter listrik memberikan pernyataan untuk meningkatkan keamanan pengendara.

"Grab berkomitmen untuk terus meningkatkan keamanan penggunaan GrabWheels melalui edukasi kepada pengguna dan bekerja sama dengan pihak terkait dalam upaya menjaga keselamatan," kaya CEO GrabWheels TJ Tham melalui keterangan tertulis. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More