Rabu 02 Oktober 2019, 17:30 WIB

Tokoh Papua: Pancasila Perekat Persatuan

Golda Eksa | Politik dan Hukum
Tokoh Papua: Pancasila Perekat Persatuan

Dok.MI/MARCELINUS KELEN
Tokoh Papua Ramses Ohee (kiri).

 

TOKOH Papua Ramses Ohee menilai Pancasila telah mempersatukan Indonesia. Ia berharap semua pihak bersedia menjaga Pancasila yang menjadi perekat persatuan dan pandangan hidup bangsa.

"Kepada seluruh masyarakat Indonesia, hari ini Indonesia ditakuti dan disegani dunia karena Pancasila. Karena itu mari kita jaga Pancasila," kata Ramses di sela-sela acara Silaturahmi dan Dialog Kebangsaan Lintas Tokoh Agama dan Adat bertajuk Jaga Bhineka Tunggal Ika, Siap Bela Negara, Indonesia Rumah Kita, di Grand Sahid Hotel, Jakarta, Rabu (2/10).

Menurut dia, Papua bak wanita cantik yang telah berkontribusi bagi Indonesia dan dunia. Insiden yang terjadi di Papua pun diakuinya timbul lantaran di sana belum terwujud keadilan melalui Pancasila.

"Tapi hari ini tidak ada kesejahteraan. Maka saya mewakili rakyat Papua, bila Pancasila utuh maka Indonesia utuh. Saya minta seluruh pejabat, menteri yang akan dilantik maka tegakkan lah keadilan di Papua, maka Papua bagian dari NKRI harga mati," kata dia.

Baca juga: Kapolda Papua Kunjungi Pengungsi Wamena di Sentani

Senada disampaikan Staf Khusus Presiden untuk Papua Lenis Kogoya. Menurutnya, seluruh rakyat di negeri ini sudah saatnya bicara tentang sila ketiga dan sila kelima Pancasila.

Sebagai anak bangsa, imbuhnya, jika Papua luka maka Indonesia juga luka. Artinya, tidak boleh ada perbedaan warna kulit dan agama dalam menjaga keutuhan rumah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Sekarang kita lawan kemiskinan bukan lawan fisik. Mari kita lihat rumah Indonesia ini. Saya berharap ada menteri adat supaya bisa mengurus orang-orang adat," tandasnya.(OL-5)

Baca Juga

MI/Susanto.

Kapolri: Binasakan Polisi yang Terjerat Kasus Narkoba

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 13 April 2021, 13:32 WIB
Pasalnya, masih banyak anggota Polri yang melakukan sejumlah pelanggaran disiplin hingga pidana. Tapi, dirinya akan terus membawa perubahan...
Ant/Jojon

Kadiv Propam Polri Prihatin, Anggota Bermasalah Bertambah Terus

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 13 April 2021, 13:26 WIB
KEPALA Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Mabes Polri Irjen Ferdy Sambo mengatakan anggota kepolisian yang bermasalah terus bertambah...
Antara/Setpres/Laily Rachev.

Nama Baru sudah Ada, Kabinet Mungkin Dirombak Pekan Ini

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 13 April 2021, 13:09 WIB
Ma'ruf Amin sudah diajak berembuk oleh kepala negara menyangkut rencana reshuffle...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya