Kamis 29 Agustus 2019, 13:51 WIB

Untuk Efek Jera, Bea Cukai Jambi Musnahkan Barang Ilegal

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Untuk Efek Jera, Bea Cukai Jambi Musnahkan Barang Ilegal

Istimewa/Bea Cukai
Bea Cukai Jambi musnahkan barang bukti hasil penindakan yang telah beralih status menjadi barang yang menjadi milik negara (BMN).

 

DALAM menjalankan fungsi sebagai community protector dengan menjaga keamanan dan ketertiban terhadap pemasukan dan peredaran barang ilegal yang melanggar ketentuan larangan pembatasan dan melanggar ketentuan di bidang cukai, Bea Cukai Jambi musnahkan barang bukti hasil penindakan yang telah beralih status menjadi barang yang menjadi milik negara (BMN), pada Selasa (20/08) lalu, di halaman kantor Bea Cukai Jambi.

Kepala Kantor Bea Cukai Jambi Ardiyatno memaparkan, nilai barang ilegal yang dimusnahkan tersebut.

“Total keseluruhan nilai barang yang dimusnahkan ialah Rp1.044.241.600 dan akibat dari pelanggaran ketentuan perundang-undangan ini menimbulkan kehilangan potensi penerimaan negara senilai Rp996.442.400," kata Ardiyatno.

"Selain dampak materil, juga akan menimbulkan dampak immateril berupa terganggunya stabilitas pasar dalam negeri khususnya produk barang sejenis yang dimusnahkan, dan tidak terpenuhinya perlindungan terhadap masyarakat,” ujar Ardiyanto.

BMN yang dimusnahkan selanjutnya dibawa ke tempat pemprosesan akhir (TPA) Talang Gulo sebagai bagian dalam proses pemusnahan BMN.

Melalui kegiatan ini, Ardiyatno berharap dapat menimbulkan efek jera kepada para pelaku pelanggaran Undang-Undang Kepabeanan dan Cukai, serta dapat meningkatkan sinergi antar instansi pemerintah dalam mengamankan hak-hak penerimaan negara maupun dalam melindungi negara dari masuknya barang-barang berbahaya asal luar negeri.

“Semoga kedepannya Bea dan Cukai Jambi dapat memberikan kinerja yang makin baik di bidang pengawasan dan pelayanan!” pungkas Ardiyanto. (OL-09)

Baca Juga

MI/widjajadi

Bisnis Es Dogernya Disuntik Dana Puluhan Miliar, Gibran: Hal Wajar

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 18 Januari 2022, 19:45 WIB
Menurut dia, tidak ada yang perlu dipermasalahkan dari adanya suntikan dana tersebut. Apalagi, uang tersebut langsung masuk ke...
MI/Ramdani

Airlangga Hartarto Hanya Punya Setahun Lagi untuk Tingkatkan Elektabilitas Sebagai Capres 

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 18 Januari 2022, 19:40 WIB
Direktur Eksekutif Lingkar Madani untuk Indonesia (LIMA), Ray Rangkuti, menilai, hal tersebut menunjukkan sulitnya mengerek elektabilitas...
 ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Tjahjo: Tidak Ada CPNS, Pemerintah Fokus Rekrut PPPK Tahun 2022

👤Indriyani Astuti 🕔Selasa 18 Januari 2022, 19:35 WIB
Tjahjo mengemukakan dalam merekrut PPPK karena pemerintah berkaca dari kebijakan yang diambil oleh beberapa negara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya