Selasa 05 Maret 2019, 17:45 WIB

DPR Optimistis Ratifikasi IA-CEPA Selesai Cepat

Dero Iqbal Mahendra | Politik dan Hukum
DPR Optimistis Ratifikasi IA-CEPA Selesai Cepat

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

 

WAKIL Ketua DPR Fadli Zon optimistis ratifikasi kesepakatan Indonesia Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) tidak memakan waktu lama.

"Apakah bisa diratifikasi pada masa sidang kali ini atau tidak, nanti kita lihat. Namun umumnya untuk perjanjian antareksekutif kita tidak pernah (ada masalah) kok, kecuali ada hal-hal yang luar biasa," terang Fadli Zon saat ditemui di kompleks parlemen di Jakarta, Selasa (5/3).

Salah satu yang mendasari keyakinan Fadli adalah kesepakatan tersebut merupakan bagian dari kepentingan nasional. Sehingga, ia menilai tidak akan ada perdebatan sebagaimana berlangsung selama ini.

"Biasanya cepat kok ratifikasi itu, mudah-mudahan bisa cepat pada masa sidang kali ini," tutur Fadli.

Sebagaimana diketahui, perjanjian IA-CEPA ditandatangani oleh Indonesia dan Australia, Senin (4/3). Perjanjian tersebut sudah digagas sejak sembilan tahun dan terhenti pada November 2013, lalu berlanjut pada Maret 2016.

Baca juga: Pascapenandatanganan IA-CEPA, Kerja Keras Harus Terus Dilakukan

Wakil Presiden Jusuf Kalla pada kesempatan itu mengingatkan agar perjanjian ini segera diratifikasi agar memberikan dampak positif bagi perekenomian kedua negara.

Jusuf Kalla menyampaikan IA-CEPA tidak akan berpengaruh tanpa diimplementasikan sepenuhnya. Ini berarti perlu segera diratifikasi. Selanjutnya disosialisasikan kepada semua pihak yang terlibat agar mengerti dan mendapatkan manfaat dari perjanjian ini.

IA-CEPA mencakup Trade in Goods (termasuk Rules of Origin, Custom Procedures and Trade Facilitation, Technical Barriers to Trade, Sanitary and Phitosanitary), Trade in Services (termasuk Movement of Natural Persons, Financial Services, Telecommunications, Professional Services), investment, E-Commerce, Competition Policy, Economic Cooperation, dan Institutional and Framework Provisions.(OL-5)

Baca Juga

DOK.MI

Polda Metro Tanggapi 4 Pamen Diduga Terkait Kasus Brigadir J

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 19:20 WIB
Polda Metro masih menunggu hasil penyelidikan tim Itsus kepada empat pamen tersebut sebelum menentukan status keempat perwira...
Antara

LPSK Kabulkan Pengajuan Bharada E Jadi Justice Collaborator

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 19:09 WIB
Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo mengatakan pengajuan sebagai justice collaborator tersebut dikabulkan pada Jumat (12/8)...
MI/Susanto

Sepuluh Parpol Belum Lengkapi Berkas

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 18:56 WIB
KPU memberikan kesempat partai tersebut melengkapi berkas hingga akhir pendaftaran pada pukul 23.59 WIB, Minggu, 14 Agustus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya