Kamis 31 Januari 2019, 19:51 WIB

KPU: Antisipasi Gangguan Pemilu Harus Dilakukan dari Awal

Rahmatul Fajri | Politik dan Hukum
KPU: Antisipasi Gangguan Pemilu Harus Dilakukan dari Awal

MI/SUSANTO

 

KETUA Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengapresiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam menindaklanjuti masalah penyebaran informasi di dunia maya yang bisa menganggu tahapan Pemilu.

Arief mengatakan di era keterbukaan informasi, diperlukan upaya dari pihak terkait untuk mengantisipasi ancaman Pemilu sedari awal.

"Jadi, makin banyak aktivitas yang kita lakukan untuk menangkal, melawan apapun yang mungkin akan mengganggu tahapan Pemilu yang baik, luber, jurdil, aman, dan damai. Sehingga, kita antisipasi sejak awal," kata Arief ketika ditemui di Senayan, Kamis (31/1).

Baca juga: Siap Amankan Pemilu, TNI AL di NTT Gelar Latihan Pengamanan

Selain itu, Arief menyebut nota aksi bersama yang digalang antarinstitusi ini harusnya ditularkan hingga pelosok daerah di Indonesia. Pasalnya, upaya untuk mendelegitimasi Pemilu justru dimulai di daerah terpencil. Sehingga, ke depan harus ada aksi lanjutan di daerah-daerah.

"Kita tak berhenti di tingkat pusat. Karena kalau nggak bisa sebar hoaks di pusat, larinya ke daerah. Beberapa tempat saya lihat penyebaran hoaks dimulai di daerah terpencil," ujarnya.

Arief mengaku KPU tidak bisa bekerja sendiri dalam mengatasi permasalahan tersebut. Dengan adanya kesepakatan aksi bersama ini tentu KPU bisa melakukan pencegahan, pengawasan, hingga penindakan.

"KPU tidak bisa melakukan semuanya sendirian. Begitu menemukan problem, maka KPU akan mencari partner tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Untuk menangkal hoaks melalui medsos, Kominfo adalah partner yang tepat untuk melawan hal tersebut," tuturnya.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

PDIP: Buya Syafii Selalu Gaungkan Ideologi Harapan

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:42 WIB
Indonesia kehilangan tokoh besar dengan kepergian cendekiawan muslim itu. Puan juga mengaku hubungan mereka sangat dekat dan sudah seperti...
Dok MI

Ahok: Buya Syafii Maarif Teladan Merawat Kebinekaan

👤Selamat Saragih 🕔Jumat 27 Mei 2022, 20:24 WIB
Ahok dan Buya Syafii memang cukup dekat. Bahkan Buya Syafii pernah membela Ahok yang tersandung kasus penistaan...
Antara

Mengaku Kerap Diintimidasi, Gubernur Papua Minta Perhatian dari Presiden

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 27 Mei 2022, 19:13 WIB
Menurut Lukas Enembe, dirinya merupakan satu-satunya dari 34 gubernur di Indonesia yang kerap mendapat perlakuan tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya