Kamis 31 Januari 2019, 14:22 WIB

KPU Buka Kemungkinan Publikasi Caleg Terpidana Kasus Lain

Rahmatul Fajri | Politik dan Hukum
KPU Buka Kemungkinan Publikasi Caleg Terpidana Kasus Lain

MI/Pius Erlangga

 

KOMISIONER Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra mengatakan pihaknya akan mencermati perihal calon anggota legislatif yang pernah menjadi narapidana kasus lain, seperti napi narkoba dan pelecehan seksual.

Sebelumnya, KPU telah mengeluarkan daftar calon legislatif eks koruptor. Hasilnya, terdapat 49 caleg eks koruptor pada pemilihan DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

"Ya, kenapa tidak, agar kemudian masyarakat tahu. Kan tidak hanya soal korupsi, tapi korupsi ini kan kejahatan luar biasa. Sehingga kita munculkan terlebih dahulu," kata Ilham ketika ditemui di Senayan, Jakarta, Kamis (31/1).

Baca juga: NasDem, PKB, PSI, dan PPP Nihil Caleg Eks Koruptor

Ilham mengatakan hal tersebut akan menjadi kajian lebih lanjut. KPU, lanjut Ilham, mempunyai perhatian yang sama terhadap kasus-kasus yang pernah menimpa caleg di masa lalu. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat mempunyai informasi terkait calon yang tertera di kertas suara.

"Tujuan kami adalah untuk memberikan semacam opsi kepada masyarakat bahwa ini calon-calon yang ada, itu nanti semuanya kita serahkan ke masyarakat," ungkapnya.

Lebih lanjut, Ilham mengatakan KPU masih menimbang kemungkinan tersebut. Meski demikian, masing-masing partai politik sebenarnya telah melakukan pengecekan rekam jejak kader yang diajukan untuk menjadi caleg.

"Ya, kita akan cari, tapi kebanyakan sih biasanya partai-partai sudah mengganti, tapi nanti kita cek lagi," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

Tangkapan Layar Youtube Bang Eddy

Polisi Sebut Edy Mulyani Konfirmasi akan Hadiri Pemeriksaan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 28 Januari 2022, 09:15 WIB
Edy Mulyadi dilaporkan sejumlah elemen masyarakat di tiga wilayah berbeda, terkait ujarannya tentang IKN sebagai tempat jin buang...
ANTARA/Jaya Kusuma

Danjen Kopassus Tegaskan Eggi Sudjana bukan Warga Korps Baret Merah

👤Siti Yona Hukmana 🕔Jumat 28 Januari 2022, 08:53 WIB
Teguh juga mengatakan Eggi Sudjana tidak pernah berkontribusi dalam satuan Kopassus. Alumni angkatan militer (Akmil)...
MI/Pius Erlangga

Kejagung Sebut Pemanggilan Dua Purnawirawan Jenderal TNI AL Butuh Koordinasi JAM-Pidmil

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 28 Januari 2022, 04:15 WIB
Kedua purnawirawan yang dimaksud adalah Laksamana Pertama (Laksma) (Purn) Listyanto dan Laksamana Muda (Laksda) (Purn)...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya